In-depth

Serba-serbi Formula E, Ajang Balap Mobil Bergengsi yang Akan Digelar di Jakarta

Senin, 15 Juli 2019 19:01 WIB
Editor: Coro Mountana
© Twitter @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpose di arena balap Formula E di Brooklyn, New York. Copyright: © Twitter @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berpose di arena balap Formula E di Brooklyn, New York.
Asal-muasal Formula E

Berawal dari sebuah restoran makanan Italia di Paris, Jean Todt selaku presiden Motorsport, Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) mempresentasikan gagasan Formula E kepada Alejandro Agag dan Antonio Tajani dan aktor Italia Teo Teocoli.

Akhirnya pada saat itu juga tepat 3 Maret 2011, mereka sepakat untuk menyelenggarakan Formula E. Namun dikarenakan perlu banyak persiapan untuk menggelar ajang balap mobil itu, baru pada September 2014, Formula E diselenggarakan pertama kali di Beijing, China.

Formula E diyakini akan menjadi ajang balap mobil masa depan yang dapat mengalahkan kepopuleraritas Formula 1. Sejatinya konsep Formula E hadir setelah sadar dengan kondisi kualitas udara Bumi yang semakin memburuk.

Efek pemanasan global serta polusi udara memicu munculnya gagasan diadakannya Formula E yang merupakan balap mobil yang menggunakan listrik. Jadi tidak seperti Formula 1, Formula E yang mengandalkan daya listrik lebih ramah lingkungan.

Sesuai dengan pernyaatan Anies Baswedan, rencananya Formula E akan digelar di Jakarta pada pertengahan 2020 mendatang. Jika mengacu pada kalendar jadwal balapan Formula E yang belum diisi, ada 3 tanggal yang bisa diisi agar seri balapan di Jakarta.

Tanggal yang masih kosong itu adalah 14 Desember 2019, 21 Mei 2020, dan awal Juni 2020. Itu artinya besar kemungkinan Jakarta akan menjadi tuan rumah Formula E antara Mei atau Juni tahun depan sesuai pernyataan Anies Baswedan.

Lalu di manakah rute balap Formula E akan diselenggarakan di Jakarta? Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa sudah ada 2 rute yang dapat dijadikan alternatif untuk Formula E.

Berikut 2 rute alternatif Formula E:

Rute 1 Rute 2
Silang Monas Tenggara (belakang Stasiun Gambir) - Jalan MI Ridwan Rais - berputar di Tugu Tani - kembali ke Jalan MI Ridwan Rais - Jalan Medan Merdeka Selatan - putar balik di depan Wisma Antara - kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan - Silang Monas Tenggara.

Silang Monas Selatan (sebagai pit stop) - Jalan Medan Merdeka Selatan - belakang Stasiun Gambir - Jalan MI Ridwan Rais - belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Air Mancur - Silang Monas Selatan.

Melihat persiapan yang begitu serius dari pemerintah tampaknya kita sebagai penikmat perlu mengetahui lebih dalam mengenai aturan yang ada di Formula E, berikut paparannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%