Tak Serumit F1, Formula E di Jakarta Dipastikan Berjalan Sukses

Senin, 15 Juli 2019 20:57 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GettyImages
Aturan Formula E yang tidak seribet Formula 1 diyakini menjadi pendukung berlangsungnya ajang tersebut di Jakarta. Copyright: © GettyImages
Aturan Formula E yang tidak seribet Formula 1 diyakini menjadi pendukung berlangsungnya ajang tersebut di Jakarta.

INDOSPORT.COM – Jakarta dipastikan akan sukses menggelar ajang balapan Formula E 2020, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah turnamen bergengsi balap mobil di dunia.

Hal ini dinyatakan oleh pengamat otomotif, Yannes Martinus Pasaribu yang merasa optimistis Jakarta sukses menjadi tuan rumah Formula E karena tak serumit ajang Formula 1 (F1) yang membutuhkan sirkuit khusus.

Meski tidak serumit F1, pria yang juga jadi pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengatakan bahwa event tersebut tidak kalah bergengsi karena tak semua negara bisa menjadi tuan rumah.

"Sirkuitnya ini 'kan jalan raya. Jalan-jalannya mereka (Tim Formula E) yang nentuin. Saya rasa Jakarta sudah siap. Tim Formula E pasti sudah screening awal kesiapan di lapangan. Ada standar-standar minimumnya," kata Yannes, dilansir dari kanal berita olahraga Antara News.

Hal itu termasuk jalan-jalan yang akan dilalui balap mobil itu yang tentunya sudah disiapkan perencanaannya secara detail. Sekaligus sebagai kampanye energi bersih, di mana kian menipisnya bahan bakar dari fosil.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil bernegosiasi untuk Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020. Ia juga mengatakan persiapan sudah dilakukan sejak 3 bulan lalu.

Di mana pertemuan dibuat pada tanggal 13 Juli 2019, atau bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Tim dari Formula E juga sudah datang khusus untuk melakukan uji lapangan di Jakarta pada tanggal 8 - 9 Juli lalu.

Sebagai informasi tambahan, Formula E adalah turnamen balapan terpopuler kedua sesudah F1. Namun bedanya, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi dan balapan ini diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%