Formula 1

Pembalap Rookie McLaren Ternyata Idolakan Valentino Rossi

Selasa, 27 Agustus 2019 11:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Lando Norris pembalap Formula 1 bersama tim Renauld 2019 Copyright: © INDOSPORT
Lando Norris pembalap Formula 1 bersama tim Renauld 2019

INDOSPORT.COM – Pembalap rookie dari tim Formula 1 McLaren, Lando Norris, mengakui bahwa dirinya terinspirasi oleh sosok pembalap MotoGP, Valentino Rossi, ketimbang pembalap F1 yang sudah melegenda.

Norris yang baru berusia 19 tahun bergabung dengan McLaren untuk melakoni ajang balap mobil Formula 1 di tahun 2019 ini. Tampil baik sejak debut di Melbourne Maret lalu, Norris kini menempati posisi ke-10 klasemen sementara Formula 1 2019.

Berbicara soal debutnya di ajang Formula 1, Norris yang mengawali kariernya di dunia gokart mengakui ini adalah bergabung bersama jadi keputusan terbaik yang diambilnya saat memutuskan berkarier di dunia balap.

 “Jadi hal pertama yang saya tonton adalah ketika Lewis (Hamiton) dan Fernando (Alonso) membalap di McLaren, itulah saat pertama saya benar-benar ingin menonton Formula 1, saya senang menonton,” ungkap Norris dilansir dari Grandprix247.

“Saya sangat senang saya berada di Formula 1 bersama McLaren.”

Akan tetapi, pembalap berkebangsaan Inggris itu justru tidak terinspirasi oleh satu pun legenda di McLaren. Alih-alih mengagumi Ayrton Senna atau Mika Hakkinen, dia malah menjadikan Valentino Rossi sebagai sosok yang inspiratif di dalam kariernya.

“Saya menonton (MotoGP) di TV sebelum saya mengenal Formula 1. (Valentino) Rossi itu keren, saya suka warna ikoniknya, biru dan kuning, itu sebabnya helm saya sangat mirip. Dia lebih seperti pria yang aku idolakan dan sumber inspirasi bagi saya,” tukasnya.

Setelah meninggalkan dunia gokart, Norris beralih ke balapan Formula 3 di mana dia langsung menjadi juara di musim debutnya pada tahun 2017.

Norris kemudian beralih ke Formula 2 setahun berikutnya, dan brhasil merangsek ke posisi ke-2 klasemen F2 2018. Sejak saat itu, Norris didapuk sebagai pembalap tes dan cadangan resmi McLaren untuk F1 2018.

Kiprah Lando Norris sebagai pembalap muda McLaren sangat bagus, sampai pada 3 September 2018, Norris diumumkan mengendarai McLaren untuk Kejuaraan Dunia Formula 1 2019 bersama dengan Carlos Sainz Jr.