Formula 1

Ada Andil Sebastian Vettel di Balik Kemenangan Charles Leclerc di GP Belgia

Senin, 2 September 2019 19:21 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Isman Fadil
© Mark Thompson/Getty Images
Sebastain Vettel memberi kemudahan bagi Charles Leclerc untuk meraih juara pertamanya di Formula 1 Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Sebastain Vettel memberi kemudahan bagi Charles Leclerc untuk meraih juara pertamanya di Formula 1

INDOSPORT.COM - Ada andil besar Sebastian Vettel di balik kemenangan perdana yang diraih rekan setimnya di Ferrari, Charles Leclerc, pada ajang Fomula 1, Minggu (1/9/19) malam WIB.

Vettel yang start dari posisi kedua tersebut harus mengakhiri balapan dengan finish di posisi keempat di belakang duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Pembalap asal Jerman ini mengaku kehilangan kecepatannya sehingga harus merelakan posisinya ke driver asal Inggris tersebut.

"Saya tidak memiliki cukup kecepatan. Akhirnya, saya berjuang untuk tetap melaju, yang biasanya tidak menjadi masalah  berarti bagi saya," ujar Vettel dilansir dari laman Formula 1.

Namun kehilangan posisi dan kecepatan tak membuat balapannya sia-sia. Pasalnya, Sebastian Vettel memberi perlawanan cukup sengit pada Hamilton sehingga Charles Leclerc dapat memenangi Formula 1 untuk pertama kalinya.

"Saya berjuang di tikungan, sehingga memungkinkan Hamilton untuk mendekat. Saya tidak bisa menahannya untuk waktu yang sangat lama. Saya mencoba membuatnya kehilangan waktu untuk memberi Charles (Leclerc) kesempatan. Pada akhirnya itu sudah cukup," pungkasnya.

Atas sikapnya tersebut, Leclerc pun memberikan ucapan terima kasih kepada Vettel yang ia anggap membantunya meraih kemenangan perdana di Formula 1.

"Seb (Vettel) sangat baik. Jika bukan karenanya, balapan ini akan berjalan sulit bagiku, jadi terima kasih untuknya," kata Leclerc.

Kemenangan yang diraih Charles Leclerc membuat namanya menguntit posisi Sebastian Vettel di klasemen sementara Formula 1. Kini, pembalap berkebangsaan Monako tersebut hanya terpaut 12 poin dari rekan setimnya di Ferrari tersebut.