Formula 1

Hasil FP1 Formula 1 GP Italia 2019: Diwarnai Tiga Kecelakaan, Charles Leclerc Jadi yang Tercepat

Jumat, 6 September 2019 18:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© www.formula1.com
Charles Leclerc berhasil unggul di FP1 GP Italia 2019 Copyright: © www.formula1.com
Charles Leclerc berhasil unggul di FP1 GP Italia 2019

INDOSPORT.COM – Sesi latihan bebas (Free Practice 1) F1 GP Italia 2019 di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Jumat (06/09/19) baru saja selesai dengan pembalap muda Ferrari, Charles Leclerc berhasil menjadi yang tercepat.

Para pembalap Formula 1 kembali unjuk gigi untuk menjajal kemampuan mobilnya semaksimal mungkin jelang bergulirnya fase Race F1 GP Italia 2019.

Leclerc berhasil menaklukan lintasan sirkuit Monza yang sempat diguyur hujan dengan menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 1:27,905 detik, sementara posisi kedua ditempati oleh pembalap McLaren, Carlos Sainz dengan selisih waktu 0,306 detik.

Rekan satu tim Sainz sekaligus pembalap rookie McLaren lainnya, Lando Norris behasil finish diurutan ketiga dengan selisih 0,545 detik dari Leclerc yang menguasai sesi latihan bebas pertama.

Sementara pentolan Mercedes, Lewis Hamilton gagal tampil impresif dengan finish diurutan keempat (+0,825 detik). Pembalap asal Thailand yang baru bergabung dengan tim Red Bull Racing mampu kembali menunjukan penampilan cukup apik diurutan kelima, di depan Daniil Kvyat (Toro Rosso).

Sedangkan dua nama pembalap unggulan lainnya seperti Max Verstappen (Red Bull) finish diurutan ketujuh dan dibuntuti oleh Sebastian Vettel.

Dalam sesi latihan bebas tersebut, para pembalap diberi pilihan apakah akan menggunakan ban basah atau intermediate. Guyuran hujan juga sempat membuat FP1 GP Italia sempat terhenti.

Pasalnya, pada menit ke-26, pembalap Alfa Romeo, Kimi Raikkonen sempat membentur pagar pembatas hingga red flag akhirnya dikibarkan dan tak lama Sergio Perez (Racing Point) juga menyusul dengan kejadian yang sama.

Tak hanya itu, red flag kembali dikibarkan untuk ketiga kalinya lantaran pembalap anyar Toro Rosso, Pierre Gasly melintir di tikungan pertama. Meski demikian, seiring mengeringnya lintasan balap sesi latihan pertama pun akhirnya selesai dengan tak ada kecelakaan yang berarti di sirkuit Monza.

Setelah ini, FP2 Formula 1 GP Italia akan dilangsungkan empat jam setelah FP1 berakhir. Apakah Charles Leclerc mampu mempertahankan dominasinya hingga race pada akhir pekan nanti sekaligus membuktikan bahwa Ferrari memang masih pantas menjadi tuan rumah di Monza.