Formula 1

Hasil FP3 Formula 1 GP Rusia: Duo Pembalap Ferrari Pecundangi Mercedes

Sabtu, 28 September 2019 17:51 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Lars Baron/Getty Images
Charles Leclerc kembali jadi yang tercepat di sesi latihan bebas ketiga F1 GP Rusia. Lars Baron/Getty Images. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Charles Leclerc kembali jadi yang tercepat di sesi latihan bebas ketiga F1 GP Rusia. Lars Baron/Getty Images.

INDOSPORT.COM – Sesi latihan bebas atau Free Practice 3 (FP3) F1 GP Rusia 2019 baru saja selesai pada Sabtu (28/09/19), dengan Charles Leclerc (Ferrari) menjadi yang tercepat.

Sesi FP3 ini kembali menunjukan kehebatan dua pembalap Ferrari, yakni Leclerc dan Sebastian Vettel, yang berhasil mencatatkan waktu tercepat di Sirkuit Sochi Autodrom.

Leclerc kembali menunjukan tajinya dengan torehan waktu lap tercepat yakni 1 menit 32,733 detik, hanya berselisih 0,316 detik dari Vettel yang menyusul di posisi kedua.

Duo pembalap tim Kuda Jingkrak tersebut dibayangi oleh para jagoan pabrikan Mercedes di posisi tiga dan empat, yakni Lewis Hamilton dengan selisih waktu tipis, yakni 0,396 detik; serta Valtteri Bottas dengan selisih 0,621 detik.

Posisi kelima dilengkapi oleh ujung tombak tim Red Bull Racing yakni Max Verstappen (+1,494 detik). Dalam sesi latihan bebas ketiga tersebut, Verstappen sempat tergelincir dan jet daratnya juga sedikit 'terbang' dari aspal Sirkuit Sochi.

Virtual Safety Car (VSC) juga sempat dikeluarkan karena mobil Daniil Kvyat mengalami masalah mesin saat sesi latihan baru berjalan 21 menit. Jet darat Racing Point yang dikemudikan Sergio Perez juga bermasalah usai sempat mengeluarkan asap saat sedang melaju kencang.

Keunggulan tim Ferrari yang hampir menguasai seluruh sesi latihan bebas GP Rusia juga menjadi ancaman bagi Mercedes, di mana Sochi juga disebut sebagai balapan kandang Silver Arrows lantaran berhasil menjadi juara sejak musim 2014 silam.

Usai menjalani sesi Free Practice 3 (FP3), para pembalap akan memasuki sesi kualifikasi yang menentukan pole position di ajang race nantinya. Sesi kualifikasi F1 GP Rusia 2019 akan berlangsung malam nanti pukul 19.00 s.d. 20.00 WIB.