Formula 1

Cuaca Ekstrem Termasuk Hujan Lebat Hantui Gelaran F1 GP Jepang

Senin, 7 Oktober 2019 18:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Cuaca ekstrem yakni hujan lebat dikabarkan akan menghantui gelaran seri balapan ke-16 Formula 1 GP Jepang pada Minggu (13/10/19) mendatang.

Menyadur dari laman berita olahraga GP Blog, curah hujan lebat dengan intensitas lebih dari 219 mm diperkirakan akan terjadi sepanjang balapan yang diselenggarakan di Sirkuit Suzuka pada akhir pekan ini.

Tak hanya itu, cuaca buruk tersebut juga diprediksi akan diperparah dengan kecepatan angin yang diperkirakan akan mencapai 59 km per jam.

Sebelumnya, juga tersiar kabar bahwa negara Jepang berpotensi dikepung oleh cuaca siklon, lantaran badai dahsyat seperti topan Mitag telah ‘mengamuk’ di laut Jepang.

Kejadian alam tersebut pun mengancam gelaran Formula 1 GP Jepang yang akan berlangsung akhir pekan ini, dan dipastikan para pembalap akan menjalani balapan dengan kondisi cuaca ekstrem.

Hal ini diprediksi bahwa pihak penyelenggara akan menyediakan lebih banyak safety car untuk berjaga-jaga jika terjadi sejumlah kecelakaan yang akan terjadi di Sirkuit Suzuka.

Terakhir kali gelaran Formula 1 GP Jepang diterpa badai ialah saat musim 2014, di mana kondisi lintasan balap yang basah karena cuaca hujan merenggut nyawa Jules Bianchi yang menghantam mobil crane yang ada di luar lintasan.