Formula 1

Demi ‘Pecundangi’ Mercedes Musim Depan, Ferrari Bakal Lakukan Hal Ini

Sabtu, 14 Desember 2019 17:48 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Tim Scuderia Ferrari bakal melakukan perbaikan desain mesin mobilnya demi 'pecundangi' Mercedes pada balapan Formula 1 (F1) 2020.

Ferrari telah memutuskan melakukan perombakan pada jet daratnya, terutama untuk meningkatkan downforce pada desain sasis, yang selama ini menjadi kelemahan bagi tim asal Italia tersebut.

Melansir dari berita F1 laman Motorsport, kelemahan tersebut nyatanya menjadi kekuatan bagi tim Mercedes, yang selalu unggul di sejumlah sirkuit yang memiliki banyak tikungan. Sementara itu, Ferrari hanya mampu unggul di lintasan lurus.

“Kami akan merombak desain pada mobil kami, termasuk untuk meningkatkan downforce untuk mengatasi kelemahan kami. Ini merupakan tujuan utama tim kami,” ujar Mattia Binotto, selaku manajer tim Ferrari.

Tak hanya itu, mereka juga bakal meluncurkan mobil anyar untuk balapan Formula 1 (F1) 2020 lebih cepat atau lebih tepatnya pada 11 Febuari tahun depan.

Keputusan untuk memamerkan jet darat anyarnya lebih cepat membuat Ferrari menjadi tim pertama yang meluncurkan mobil untuk musim depan.

Bukan tanpa alasan, tim yang digawangi oleh Sebastian Vettel dan Charles Leclerc ingin segera fokus untuk melakukan tes pramusim yang akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, pada 19 Febuari 2020.

Hal ini juga sebagai tindakan Ferrari untuk memperbaiki performanya pada musim depan, setelah gagal menjadi juara pada F1 2019 lantaran kerap mengalami kendala teknis pada jet daratnya.

Sekadar informasi, akam ada pengurangan hari di tes pramusim 2020, yang semula digelar delapan hari kini akan berlangsung selama enam hari saja, yakni pada 19-21 Februari, kemudian dilanjutkan pada 26-28 Februari.