Terendam Banjir, Sirkuit Canggih Dubai Batal Gelar Kejuaraan Balap Bergengsi

Minggu, 12 Januari 2020 13:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Reddit
Pemandangan Sirkuit Dubai Autodrome di Uni Emirat Arab dari udara. Copyright: © Reddit
Pemandangan Sirkuit Dubai Autodrome di Uni Emirat Arab dari udara.

INDOSPORT.COM - Hujan lebat di Uni Emirat Arab membuat kejuaraan Hankook 24H Dubai 2020 dibatalkan akibat banjir yang menggenangi Sirkuit Dubai Autodrome, Sabtu (11/1/20).

Melansir dari laman resmi 24hseries, pihak penyelenggara dan panitia Sirkuit Dubai Autodrome telah memutuskan untuk tidak melanjutkan balapan dengan alasan keselamatan. Para pembalap sempat melakoni 15 putaran sebelum akhirnya bendera merah dikibarkan.

Pasalnya, curah hujan yang tinggi dan berlangsung sepanjang hari membuat hampir seluruh Kota Dubai, termasuk Sirkuit Dubai Autodrome mengalami kebanjiran.

Hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi segala infrastruktur dan bisa berbahaya untuk keselamatan, meski pihak staf dan para pejabat telah berusaha mengatasi masalah tersebut, namun segala upaya mereka tetap gagal dilakukan.

Diketahui ketinggian air di lintasan balap dan di pit lane terus meningkat sepanjang malam lantaran sistem drainase di sirkuit tersebut memang terbatas.

Keputusan ini membuat Black Falcon Mercedes-AMG GT3 yang dikendarai oleh Ben Barker, Jeroen Bleekemolen, Hubert Haupt, Manuel Metzger, dan Khaled Al Qubaisi dinyatakan sebagai pemenang.

Usai menggelar seri balapan di Dubai, kejuaraan 24H selanjutnya akan dilaksanakan di Monza, Italia pada 27-28 Maret mendatang dan dilanjutkan di Belgia (1-3 Mei 2020).