Formula 1

Tiru Paris dan Roma, Penyelenggara Formula E Lakukan Uji Coba Aspal di Monas

Minggu, 23 Februari 2020 10:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Komite Penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E kini tengah melakukan uji coba pelapisan aspal di Monumen Nasional (Monas), Sabtu (22/2/20). Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Komite Penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E kini tengah melakukan uji coba pelapisan aspal di Monumen Nasional (Monas), Sabtu (22/2/20).

INDOSPORT.COM - Komite Penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E kini tengah melakukan uji coba pelapisan aspal di Monumen Nasional (Monas), Sabtu (22/2/20).

Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana, mengatakan bahwa uji coba pelapisan aspal seluas 60 meter persegi di atas cobblestone bagian tenggara Silang Monas merupakan standar yang diterapkan oleh FIA Formula E.

Kegiatan ini pernah dilakukan di dua kota besar Eropa, Paris (Prancis) dan Roma (Italia), sehingga mereka tertarik untuk mencobanya.

"Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka, setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala,” kata Wisnu Wardhana, dilansir dari laman Antara.

Uji coba pelapisan aspal itu bertujuan untuk mengecek kemudahan pengelupasan aspal di atas lapisan cobblestone setelah didiamkan selama empat hari. Demikian pula pada pengelupasan, para ahli telah siap dimintakan pendapatnya untuk putusan akhir metode terbaik yang dipilih.

"Proses uji coba ini dimonitor oleh para ahli. Secara fisik, pilihan sand sheet atau geotextile akan dipilih berdasarkan hasil proses pengelupasan, termasuk untuk efeknya terhadap cobblestone yang terlapisi,” tambahnya.

Dua material diujic dalam pengaspalan itu. Material sand sheet dan geotextile yang dikerjakan di atas lahan dengan panjang 15 meter dan lebar empat meter dan pihak Jakpro selaku OC Formula E hanya menggunakan aspal kasar, belum menggunakan aspal halus.

"Semua ini sudah cukup untuk mengukur kekuatan bila terlintasi setelah terpasang dan kemudahan bila nanti dikelupas," tukas Wisnu Wardhana.

Meski dilakukan uji coba pengaspalan untuk Formula E, masyarakat yang berkunjung ke Monas tetap dapat melintasi lahan yang sudah teraspal sejak kemarin.

Dalam tahap perencanaan, pengaspalan cobblestone di Monas yang menjadi arena untuk ajang balap mobil listrik akan dimulai pada Maret 2020 dengan target pengerjaan selama 1,5 bulan. Kawasan yang akan diaspal antara lain bagian barat daya, barat, selatan, sedikit timur, hingga tenggara.