MotoGP

Ini Biang Kerok Dovizioso Gagal Podium di MotoGP Prancis 2020

Selasa, 13 Oktober 2020 06:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Dalam balapan MotoGP Prancis 2020 yang berlangsung Minggu (10/10/20) lalu, Andrea Dovizioso hanya bisa finish di posisi empat. Copyright: © INDOSPORT
Dalam balapan MotoGP Prancis 2020 yang berlangsung Minggu (10/10/20) lalu, Andrea Dovizioso hanya bisa finish di posisi empat.

INDOSPORT.COM - Dalam balapan MotoGP Prancis 2020 yang berlangsung Minggu (10/10/20) lalu, Andrea Dovizioso hanya bisa finish di posisi empat.

Memulai balapan dari urutan enam, performa pembalap Ducati, Andrea Dovizioso sebenarnya lumayan stabil dan berpotensi untuk merebut podium juara.

Namun, petaka datang saat hujan tiba-tiba turun dan membuat balapan sempat ditunda agar para pembalap bisa menyesuaikan ban yang digunakan motornya.

Saat itu, Dovizioso memilih menggunakan ban halus pada bagian depan dan belakang motor. Berbeda dengan teman satu timnya di Ducati, Danillo Petrucci yang memilih menggunakan ban podium.

Keputusan itu ternyata tidak tepat bagi Dovizioso. Motor yang ia gunakan tidak bisa melaju dengan maksimal di lintasan yang basah. Hal itu pun diakui Dovizioso menjadi penyebab dirinya gagal podium.

"Sebanarnya saya harus bersyukur karena tetap bisa meraih poin dalam balapan itu. Cuma saya sedikit kesal karena kesalahan memilih ban membuat hasil yang dicapai tak maksimal," ujar Dovizioso dikutip dari Motorsport.

"Tapi yang bicara memang mudah, karena dalam setiap balapan kita tidak pernah tahu apa yang terjadi. Siapa yang menyangka jika saat balapan bisa hujan deras dan tiba-tiba berhenti," jelas pembalap asal Italia itu lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut, Dovizioso mengakui dirinya sebenarnya beberapa kali mengalami kecelakaan. Bahkan, ia menghitung setidaknya 10 kali ia nyaris gagal menyelesaikan balapan.

"Saat mengunci bagian depan, saya mungkin 10 kali nyaris celaka. Saat itu yang ada di pikiran saya hanya cara untuk meraih podium, namun itu tidak terjadi."

"Saya bersyukur dengan finisih posisi empat. Namun, jujur ada sedikit rasa kecewa karena bila pilihan ban saya tepat, saya bisa bersaing dengan Danilo yang merebut podium juara," pungkas Dovizioso.

Sekadar informasi, saat ini Dovizioso berada di peringkat tiga klasemen sementara MotoGP 2020. Dari total 9 balapan, ia berhasil mengoleksi 97 poin, selisih 18 poin dengan Fabio Quartararo di posisi puncak.

Selanjutnya, Quartararo akan kembali memacu kuda besi Ducatinya pada balapan MotoGP Aragon 2020, yang dijadwalkan berlangsung 18 Oktober 2020 mendatang.