In-depth

Termasuk Sirkut Mandalika Jadi Cadangan dan Fakta Mencengangkan Jelang MotoGP 2021

Jumat, 13 November 2020 08:52 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© ARSYAD ALI/AFP/Getty Images
Sirkuit Mandalika kini masuk dalam daftar cadangan untuk MotoGP tahun depan beserta kejutan lain yang mengiringi kalender tahun depan. Copyright: © ARSYAD ALI/AFP/Getty Images
Sirkuit Mandalika kini masuk dalam daftar cadangan untuk MotoGP tahun depan beserta kejutan lain yang mengiringi kalender tahun depan.

INDOSPORT.COM - Impian Indonesia untuk menggelar ajang bergengsi MotoGP tahun 2021 selangkah lagi akan terwujud. Sirkuit Mandalika kini masuk dalam daftar cadangan untuk MotoGP tahun depan beserta kejutan lain yang mengiringi kalender tahun depan.

Menurut jadwal sementara yang dirilis Dorna Sports, akan ada 20 seri balapan dalam kalender sementara MotoGP 2021, dan MotoGP Mandalika masuk daftar reserve venue bersama tiga sirkuit lain.

Secara garis besar, maksud dari reserve sendiri bukan berarti Mandalika hanya menjadi cadangan untuk MotoGP tahun depan. Sebelumnya, MGPA memberikan pernyataan bahwa Indonesia diberikan perlakuan khusus di mana Indonesia bisa menentukan sendiri waktu penyelenggaraan MotoGP 2021.

“Reserve date memang tidak umum, hanya negara tertentu yang bisa mendapat perlakuan khusus ini. Situasi dunia akibat pandemi COVID-19 masih belum bisa diprediksi enam bulan ke depan,"

19 venue saat ini sudah masuk dalam kalender sementara MotoGP dengan Portimao di Portugal, Indonesia, dan Sirkuit Igora Drive di Rusia ada dalam daftar 'Cadangan Tempat Grand Prix'.

Sebagai penjelasan, jadwal MotoGP 2021 yang sudah dirilis masih bersifat sementara atau provorsional. Dalam provorsional calender MotoGP 2021, balapan pembuka masih akan digelar di Qatar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Setelah itu, balapan MotoGP selanjutnya akan bergeser ke Argentina dan Ameria pada 11 dan 18 April sebelum seri MotoGP di negara-negara Eropa dihelat. Sirkuit Jerez seperi biasa akan menjadi awal mula balapan di Eropa yang berlangsung pada 2 Mei 2021.

Sementara itu negara-negara lain seperti Prancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda dan Finlandia yang menjadi subjek homoglasi akan dimulai pada 11 Juli. 

Jika kalender sementara ini benar-benar diresmikan tanpa perubahan, maka Austria dan Inggris Raya menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada Agustus, sebelum putaran Aragon dan San Marino berlangsung pada September.

Jepang dan Thailand akan saling menggelar balapan pada tanggal 3 dan 10 Oktober, sebelum MotoGP di Australia dan Malaysia dimulai pada tanggal 24 dan 31 Oktober. 

Lalu setelah libur akhir pekan, grand final akan diadakan di Valencia pada tanggal 14 November.

Selain Finlandia, homoglasi akan dilakukan untuk Sirkuit Mandalika yang pertama kali akan menggelar balapan MotoGP 2021. 

Homologasi sendiri bukan berarti sirkuit tersebut menjadi cadangan namun lebih kepada ketentuan dan spesifikasi yang wajib dipenuhi untuk menyelenggarakan MotoGP 2021 di Mandalika.