Formula 1

Hasil Balapan F1 GP Sakhir 2020: Banyak Drama, Duo Mercedes Keluar dari 5 Besar

Senin, 7 Desember 2020 01:59 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mark Thompson/Getty Images
Sergio Perez berselebrasi usai menjuarai F1 GP Sakhir 2020 Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Sergio Perez berselebrasi usai menjuarai F1 GP Sakhir 2020

INDOSPORT.COM - Berikut hasil balapan F1 GP Sakhir 2020. Tanpa sang jawara Lewis Hamilton yang terpapar virus corona, balapan GP Sakhir di Bahrain ini dimenangkan oleh Sergio Perez dari tim Racing Point.

F1 GP Bahrain menjadi seri ke-16 dari 17 balapan yang ada dalam kalender F1 2020. Ini berarti, tersisa satu balapan lagi yang digelar di Abu Dhabi yang akan menjadi penutup musim ini.

Pada seri balapan kali ini tim Mercedes tak akan diperkuat oleh pembalap andalannya, Lewis Hamilton karena harus absen untuk menjalani karantina mandiri usai dinyatakan positif terpapar virus corona.

Sementara posisinya digantikan oleh George Russell, yang dipinjamkan dari tim Williams. Absennya Lewis Hamilton ternyata tak membuat dominasi tim Mercedes goyah.

Hal ini terlihat dari hasil kualifikasi F1 GP Sakhir 2020 kemarin. Russell berada di posisi kedua usai Valtteri Bottas dengan raihan waktu 53,403 detik.

Valtteri Bottas sukses merebut pole position dengan catatan waktu 53,377 detik, yang juga menjadi penanda pole-nya yang kelima pada F1 2020 ini.

Pada balapan yang akan menghabiskan 87 lap ini, baik Russell dan Bottas kerap kali melakukan manuver-manuver berbahaya yang mengubah posisi mereka.

Bottas yang awalnya menduduki pole position, harus rela terlempar satu peringkat ke bawah oleh Russell ketika balapan telah memasuki 17 lap.

Namun yang menjadi sorotan adalah Max Verstappen dari Red Bull Racing dan Charles Leclerc dari Ferrari. Keduanya berada di posisi ketiga dan keempat pada sesi kualifikasi, akan tetapi bencana langsung menghampiri mereka.

Balapan baru saja berjalan di lap pertama, namun keduanya sudah harus keluar lebih dahulu di tikungan keempat karena saling bertabrakan satu sama lain.

Russell yang telah berada di posisi pertama sejak lap ke-17, terus melaju kencang. Bahkan, dirinya unggul tiga detik dari rekan setimnya, Bottas, ketika memasuki lap ke-41.

Memasuki lape ke-46, Russell masuk ke dalam pits untuk mengganti jenis bannya. Hal tersebut pun diikuti oleh Bottas yang masuk ke dalam pits pada lap ke-50 juga untuk mengganti jenis bannya.

Drama pun terjadi di lap ke-63. Pihak Mercedes memanggil kedua pembalapnya, Russell dan Bottas untuk kembali masuk ke pits dan mengganti bannya lagi. Hal ini berawal dari permasalahan yang dialami oleh Bottas. 

Pergantian ini pun membuat pembalap dari Racing Sport asal Meksiko, Sergio Perez, naik ke peringkat pertama. Russell dan Bottas harus terlempar dari lima besar.

Balapan pun kian seru ketika Russell mulai menyusul Bottas untuk naik ke posisi empat pada lap-70. Dan perlahan tapi pasti, Russel mulai merangkak naik ke posisi kedua pada lap ke-77, sedangkan Bottas tertahan di posisi kelima.

Drama kembali terjadi tak lama berselang. Pada lap ke-78, Bottas harus turun ke posisi delapan. Sedangkan pada lap ke-79, Russell harus masuk lagi ke pit karena masalah ban dan turun ke posisi 14.

Hal ini pun membuat Sergio Perez kian menjauh dari para pesaingnya dan semakin mantab di posisi terdepan. Hingga balapan usai pun, Perez berhasil menjaga posisinya dan keluar sebagai jawara F1 GP Sakhir 2020.

Di posisi kedua, ada Esteban Ocon, pria asal Prancis dari tim Renault. Sedangkan posisi ketiga ada Lance Stroll, pembalap Kanada dari tim Racing Point.

Sementara duo Mercedes, Valtteri Bottas dan George Russell harus puas berada di posisi kedelapan dan kesembilan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%