Formula 1

Balapan F1 GP Bahrain: Lewis Hamilton Taklukkan Max Verstappen

Senin, 29 Maret 2021 00:19 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Mark Thompson/Getty Images
Pembalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, merayakan bersama tim setelah memenangi balpan GP Bahrain di Bahrain International Circuit, Sakhir, Minggu (28/3/2021). Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Pembalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, merayakan bersama tim setelah memenangi balpan GP Bahrain di Bahrain International Circuit, Sakhir, Minggu (28/3/2021).

INDOSPORT.COM - Bahrain International Circuit di Sakhir menjadi saksi kehebatan pembalap Mercedes AMG Petronas Formula One Team, Lewis Hamilton. Pembalap Inggris tersebut memenangi seri pertama Formula 2021, GP Bahrain, Minggu (28/3/2021).

Insiden sudah terjadi pada lap pertama dari total 56 pada balapan ini. Nikita Mazepin dari tim Haas mengalami masalah dengan salah satu ban mobilnya, dan harus berhenti dari balapan. Safety Car (SC) masuk ke lintasan.

SC meninggalkan lintasan pada akhir lap ketiga dan balapan dilanjutkan dengan Max Verstappen memimpin, diikuti Lewis Hamilton dan Charles Leclerc.

Memasuki lap ke-10, Verstappen dan Hamilton mulai membuka jarak dengan pembalap di posisi ketiga yang sudah ditempati Valtteri Bottas (Mercedes).

Pada lap ke-18, Verstappen masuk pit untuk mengganti ban. Red Bull Racing memakai strategi dua kali pit-stop. Kembali ke lintasan, Verstappen berada di urutan kedua, di belakang Hamilton, yang lebih dulu melakukan pit.

Hamilton memimpin 6,6 detik di depan Verstappen. Pada lap ke-28, jarak kedua pembalap menjadi skitar 2 detik. Pada lap berikutnya, Hamilton meninggalkan posisi pertama di lintasan dan masuk pit. Kembali ke lintasan, dia berada di urutan ketiga, di belakang Verstappen dan Bottas.

Hamilton kembali ke posisi kedua setelah Bottas melakukan pit-stop pada lap ke-31. Perlahan namun pasti, sang juara bertahan makin mendekati Verstappen dan persiangan ketat pun berlanjut.

Fernando Alonso, yang kembali balapan setelah pensiun dua tahun, harus mengakhiri balapan lebih awal, tepatnya pada lap ke-34. Juara dunia dua kali tersebut mengalami masalah dengan rem belakang.