MotoGP

Perwakilan MotoGP Terkejut Lihat Kemajuan Sirkuit Mandalika

Rabu, 7 April 2021 20:00 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM - Perwakilan dari Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP dan FIM mengaku terkejut saat melihat kemajuan pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Hari ini, Rabu (07/04/21), Dorna Sports menyelesaikan inspeksi pra-homologasi sirkuit yang akan menjadi calon tuan rumah balap MotoGP.

Dorna Sports diwakili oleh managing director, Carlos Ezpeleta, dan mantan pembalap MotoGP, Loris Capirossi, selaku promoter representative. Sementara itu FIM mengirimkan safety officer, Franco Ucini, yang juga mantan juara dunia 500cc 1982.

Sebagai informasi, homologasi merupakan proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap yang meliputi standar kendaraan balap, lintasan, dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap.

"FIM yang bertanggung jawab untuk homologasi trek, tapi kami telah seharian berada di Sirkuit Mandalika. Franco Ucini sangat senang dan demikian pula saya. Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda," ujar Carlos Ezpelata dilansir dari Antara.

"Sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya. Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan. Tetapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini dan kami yakin para pembalap akan menyukainya," sambungya lagi.

Sementara itu, Ricky Baheramsyah selaku CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan bahwa pembangunan lintasan dan sejumlah aspek pendukung trek masih sesuai jadwal untuk memenuhi target homologasi pada Juni mendatang.

"Saat ini kami selesaikan sekitar 50-60 persen. Sangat penting kehadiran Dorna di sini, khususnya di tengah situasi pandemi virus corona dan pemtasan perjalanan yang menjadi kendala," kata Ricky Baheramsyah.

"Kami sangat senang mereka bisa datang untuk melakukan inspeksi secara menyeluruh dan sejauh ini kami melihat mereka puas dengan progresnya. Khusunya dari aspek keselamatan karena itu merupakan salah satu elemen terpenting di setiap trek MotoGP," sambungnya lagi.

Sirkuit Mandalika telah resmi masuk dalam kalender WSBK 2021 sebagai tuan rumah seri ke-11 pada 12-14 November mendatang.