Formula 1

Hasil Sprint Qualifying F1 GP Inggris: Asapi Hamilton Sejak Start, Verstappen Cetak Sejarah

Sabtu, 17 Juli 2021 23:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen cetak sejarah dengan menangi edisi perdana sprint qualifying F1 GP Inggris mengasapi Lewis Hamilton, dan rebut pole position untuk balapan utama. Copyright: © Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images
Max Verstappen cetak sejarah dengan menangi edisi perdana sprint qualifying F1 GP Inggris mengasapi Lewis Hamilton, dan rebut pole position untuk balapan utama.

INDOSPORT.COMMax Verstappen cetak sejarah dengan menangi edisi perdana sprint qualifying F1 GP Inggris mengasapi Lewis Hamilton, sekaligus rebut pole position untuk balapan utama.

Ajang balap jet darat Formula 1 memasuki seri kesepuluh tahun ini yakni F1 GP Inggris di Sirkuit Silverstone. Seri ini sekaligus menjadi debut bagi sistem baru yakni sprint qualifying.

Dalam sistem baru ini, bakal kualifikasi normal jadi penentu posisi start dalam sprint qualifying. Sementara itu, hasil sprint qualifying nantinya jadi penentu posisi start dalam balapan utama yang digelar Minggu (18/07/21) malam WIB.

Dalam sprint qualifying sendiri, para pembalap akan beradu cepat dalam 17 lap atau sekitar 100 kilometer, tanpa boleh memasuki pit, sehingga hanya bisa menggunakan 1 set ban.

Pole position untuk sprint qualifying direbut oleh Lewis Hamilton (Mercedes) usai jadi yang tercepat di babak kualifikasi, Sabtu (17/07/21) dini hari WIB, mengungguli Max Verstappen (Red Bull) dan Valtteri Bottas.

Namun saat start sprint qualifying, Max Verstappen langsung melesat mendahului Lewis Hamilton untuk memimpin balapan sejak sebelum tikungan pertama.

Performa apik juga ditunjukkan Fernando Alonso (Alpine) yang berhasil melesat ke posisi 5 meski start dari posisi 11.

Di lap ketujuh, mobil Sergio Perez (Red Bull) mendadak melintir dan akhirnya keluar dari lintasan, sehingga pembalap Meksiko itu melorot ke posisi 18.

Max Verstappen pun akhirnya berhasil mempertahankan posisinya hingga akhir dan memenangi sprint qualifying F1 GP Inggris, sekaligus mencetak sejarah sebagai pemenang edisi perdana sprint qualifying di Formula 1.

Lewis Hamilton berada di tempat kedua, diikuti rekan setimnya Valtteri Bottas. Sementara itu, Charles Lecrerc dan Lando Norris melengkapi 5 besar.