Formula 1

Terulang Lagi! Lewis Hamilton Terkena Hukuman Penalti di F1 GP Brasil

Sabtu, 13 November 2021 05:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Albert Gea/Pool via Getty Images
Usai terkena penalti mundur 10 grid di F1 GP Turki, Lewis Hamilton dipastikan harus kembali terkena hukuman penalti pada gelaran F1 GP Brasil akhir pekan ini. Copyright: © Albert Gea/Pool via Getty Images
Usai terkena penalti mundur 10 grid di F1 GP Turki, Lewis Hamilton dipastikan harus kembali terkena hukuman penalti pada gelaran F1 GP Brasil akhir pekan ini.

INDOSPORT.COM – Usai terkena penalti mundur 10 grid di F1 GP Turki, Lewis Hamilton dipastikan harus kembali terkena hukuman penalti pada gelaran F1 GP Brasil akhir pekan ini.

Formula 1 2021 kini memasuki seri kesembilan belas, yakni F1 GP Brasil yang akan digelar akhir pekan ini, di Sirkuit Interlagos di Sao Paulo.

Namun, kabar buruk justru menimpa Lewis Hamilton. Pasalnya, andalan tim Mercedes itu lagi-lagi harus mengalami hukuman penalti.

Dilansir Sky Sports, Hamilton dipastikan bakal terkena hukuman mundur 5 grid pada sesi balapan yang digelar Senin (15/11/21) dini hari WIB, karena menggunakan ICE (internal combustion engine) di luar jatah yang sudah ditetapkan.

Hukuman ini pun menjadi penalti kedua yang diterima Hamilton dalam 4 balapan terakhir. Pasalnya, di F1 GP Turki pada Oktober lalu, ia mendapat hukuman mundur 10 grid akibat masalah yang sama.

Ketika itu, ia jadi yang tercepat di sesi kualifikasi tapi harus mengawali lomba dari posisi 11, sebelum akhirnya finis di posisi 5.

Sebagai informasi, masing-masing pembalap hanya dijatah menggunakan 4 ICE sepanjang Formula 1 musim ini. Penggunaan ICE keempat akan membuat si pembalap menerima hukuman mundur 10 grid seperti yang dialami Hamilton di Turki. Namun, penggunakan ICE berikutnya hanya akan dihukum mundur 5 grid.

Mercedes sendiri memang tengah diterpa masalah daya tahan mesin. Pasalnya, ini menjadi penalti kelima yang mereka alami sejak jeda tengah musim pada Agustus lalu.

Dengan status F1 GP Brasil yang merupakan sprint race, hukuman Hamilton akan dijalani di sesi balapan utama, di mana ia harus mundur 5 grid dari hasil yang diraihnya saat sprint race.

Hamilton sendiri bakal start terdepan saat sprint race, setelah sukses jadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang digelar Sabtu (13/11/21) dini hari, mengungguli Verstappen dan Bottas. Namun, jika sukses memenangkan sprint race, ia hanya akan start dari posisi 6 saat balapan utama.