Formula 1

Pembalap F1 Pertama China, Guanyu Zhou Pernah Jadi Rival Sean Gelael di Formula 2

Rabu, 17 November 2021 00:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© Formula 1.com
Logo baru Formula 1. Copyright: © Formula 1.com
Logo baru Formula 1.

INDOSPORT.COM - Guanyu Zhou akan menjadi pembalap F1 pertama di China setelah direkrut oleh tim Alfa Romeo. Sebelumnya Zhou sempat menjadi rival Sean Gelael di Formula 2.

Alfa Romeo akhirnya mengonfirmasi bahwa Guanyu Zhou akan menjadi pebalap Formula 1 pertama China saat bermitra dengan Valtteri Bottas musim depan.

Pelopor FIA F2 Zhou telah menjadi favorit untuk mendapatkan pekerjaan itu selama beberapa bulan terakhir. Pembalap berusia 22 tahun itu akan menggantikan Antonio Giovinazzi yang telah tiga tahun berkiprah bersama Alfa Romeo.

Meski demikian, Giovinazzi akan tetap menjadi pembalap cadangan melalui hubungannya dengan Ferrari. Selanjutnya Guanyu Zhou akan hengkang dari Alpine, tim yang telah membesarkan namanya sejak junior.

Zhou sendiri telah melakukan program tes pribadi yang ekstensif di mobil tua tim Enstone, dan menyelesaikan sesi FP1 di GP Austria awal tahun ini.

Dia akan melakukan debut on-track dengan Alfa dalam tes Abu Dhabi pada bulan Desember. Kemudian dilanjutkan dengan menjadi rookie satu hari di mobil standar, serta menjalani pengujian ban Pirelli 18-inci.

Sementara itu Valteri Bottas akan melakukan tugas lain jika dia diberi kesempatan oleh Mercedes.

"Itu adalah keputusan penting bagi perusahaan dan untuk masa depan perusahaan. Kami memiliki perubahan besar dalam hal peraturan untuk 2022. Kami mengevaluasi semua opsi yang kami miliki di atas meja," ujar Alfa Fred Vasseur kepada Motorsport.com.