Formula 1

Perwakilan Pemprov NTB Temui Bos F1, Sirkuit Mandalika Siap Gelar Balapan?

Senin, 13 Desember 2021 05:50 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Subhan Wirawan
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Sekitar Butuh 2 Tahun Bisa Jadi Tuan Rumah F1

Selain itu, menurut Ridwansyah, ada beberapa persyaratan teknis lain seperti "automatic signaling system" untuk Marshall, penambahan 26.000 ban bekas (dari Kementerian Industri) dari yang tersedia saat ini sekitar 14.000.

Serta pelebaran "pit garage" dengan penggabungan garasi yang ada sekarang dan beberapa peningkatan lain di fasilitas pendukung sirkuit.

"Pihak F1 sangat antusias, namun kepastian kapan F1 dipastikan digelar tergantung pada hasil evaluasi kelayakan oleh tim F1.

“Akan ada First Evaluation, kemudian direspon dengan proposal resmi dari penyelenggara (MGPA dan ITDC), dilanjutkan negosiasi dan kesepakatan akhir," ujar mantan Kepala Bappeda NTB tersebut.

Ridwansyah, pengalaman ITDC saat membawa MotoGP dan WSBK butuh waktu sekitar 2 tahun sehingga prediksi waktu yang ideal untuk Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah F1 adalah awal 2024.

"Karena skala F1 yang jauh lebih rumit daripada MotoGP, apalagi WSBK, pihak ITDC perlu mendapatkan arahan dan persetujuan dari Presiden agar negara bisa mendukung penuh," terangnya.

Meski demikian, Kadis PUPR NTB ini optimistis dengan ikhtiar yang ditunaikan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Dalam waktu dekat diharapkan Gubernur NTB akan mendampingi Presiden Joko Widodo untuk bertemu Chairman F1 dalam rangka memperkuat dukungan untuk penyenggaraan F1 di Mandalika.

"Idealnya, undangan 'Site Visit' pertama kepada F1 bisa setelah MotoGP, di mana infrastruktur menuju kawasan dan fasilitas pendukung di dalam sirkuit sudah disiapkan dengan baik" katanya.