Formula 1

Max Verstappen dan Nelson Piquet, Calon Menantu-Mertua Sesama Juara Dunia Formula 1

Kamis, 16 Desember 2021 18:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© @Max33Verstappen
Max Verstappen resmi jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Pembalap Red Bull itu ikuti jejak calon mertuanya, Nelson Piquet yang pernah meraih gelar yang sama. Copyright: © @Max33Verstappen
Max Verstappen resmi jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Pembalap Red Bull itu ikuti jejak calon mertuanya, Nelson Piquet yang pernah meraih gelar yang sama.

INDOSPORT.COM – Max Verstappen resmi jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. Pembalap Red Bull itu ikuti jejak calon mertuanya, Nelson Piquet yang pernah meraih gelar yang sama.

Prestasi luar biasa diraih oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. Pembalap asal Belanda itu resmi menjadi juara dunia Formula 1 2021, usai memenangi F1 GP Abu Dhabi akhir pekan lalu, lewat pertarungan ketat dengan rivalnya, Lewis Hamilton (Mercedes).

Seperti diketahui, saat memasuki GP Abu Dhabi yang menjadi seri terakhir musim ini, Verstappen dan Hamilton memiliki poin yang sama di klasemen pembalap yakni 369,5 poin.

Dengan demikian, siapa pun yang meraih poin lebih banyak di balapan yang digelar di Sirkuit Yas Marina itu akan keluar sebagai juara dunia.

Kans Verstappen menjadi juara dunia sendiri sempat lenyap. Pasalnya, meski meraih pole position, ia kemudian disalip oleh Lewis Hamilton. Hamilton pun kemudian tampil dominan dan bahkan unggul 11,5 detik hingga lap ke-53.

Namun, situasi berubah ketika di lap tersebut Nicholas Latifi (Williams) menabrak dinding pembatas yang mengakibatkan masuknya safety car.

Situasi itu pun dimanfaatkan Max Verstappen masuk lap untuk mengganti ban. Verstappen pun kemudian berada tepat di belakang Lewis Hamilton setelah race director Michael Masi mengizinkan 5 pembalap yang berada di antara mereka untuk menyalip safety car.

Akibatnya, saat safety car meninggalkan lintasan, Verstappen pun berhasil menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan lomba, hingga akhirnya menjadi pemenang dan menyegel gelar juara dunia.

Situasi ini sendiri sempat membuat Mercedes mengajukan protes. Namun, protes mereka ditolak dan Max Verstappen pun resmi menjadi juara dunia Formula 1 2021.

Hasil ini menjadi gelar juara dunia perdana Verstappen sepanjang kariernya, sekaligus membuatnya menjadi pembalap Belanda pertama yang menjadi juara dunia. Ia juga menggagalkan upaya Hamilton memecahkan rekor sebagai pembalap pertama yang juara dunia F1 sebanyak 8 kali.

Di sisi lain, gelar juara dunia ini membuat Verstappen menyamai prestasi sang calon mertua, Nelson Piquet, yang juga pernah menjadi juara dunia Formula 1.