MotoGP

Ramai Dikritik, Sirkuit Mandalika Banjir Dukungan dari Mantan Bos Sirkuit Sepang

Senin, 21 Februari 2022 16:47 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yosef Bayu Anangga
© ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat Copyright: © ITDC/MGPA
Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat

INDOSPORT.COM - Mantan CEO Sirkuit Sepang Malaysia, Razlan Razali beri dukungan Sirkuit Mandalika setelah mendapat banyak kritikan pasca tes pramusim MotoGP 2022.

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika pekan lalu dimulai dengan penundaan pada hari Jumat karena tertutup lapisan tanah setelah diguyur hujan dan aktivitas konstruksi yang ada di sekitar fasilitas. 

Bukan hanya trek yang kotor yang menyebabkan masalah, aspalnya juga tidak memenuhi persyaratan MotoGP. 

Para pengemudi mengeluhkan batu-batu yang lepas dari permukaan dan terlempar seperti proyektil. 

FIM dan Dorna kemudian dengan cepat setuju dengan pemilik trek ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) bahwa sebelum GP Indonesia 2022 pada 20 Maret, bagian dari tikungan 17 dan terakhir hingga dan termasuk tikungan 5 harus diaspal ulang.

Bagaimanapun, bintang-bintang MotoGP memuji tata letak sirkuit yang indah dengan sebelas tikungan kanan dan enam tikungan kiri itu. 

“Desain trek adalah kejutan yang menyenangkan, saya pikir semua orang menyukainya. Sayangnya, Anda tidak bisa menikmatinya dalam kondisi seperti ini," kata Andrea Dovizioso.

Razlan Razali, Chief Executive Officer (CEO) Sirkuit Sepang Malaysia dari 2008 hingga 2020, memberi dukungan untuk Indonesia untuk membenahi Sirkuit Mandalika yang banyak mendapat kritik.

“Sirkuit Mandalika mengingatkan saya ketika Sirkuit Sepang dibuka pada tahun 1999. Setiap baru rute memiliki kesulitan karena masih baru," kata Razlan dikutip dari Speedweek.

"Tetapi ketika kami berada di sana untuk pengujian, saya sudah bisa merasakan getaran yang baik, kegembiraan, rasa ingin tahu, dan keramahan penduduk pulau." Ujar Razlan Razali.