Formula 1

Ceroboh! Sebastian Vettel Didenda Puluhan Juta Rupiah Gara-gara Hal Konyol Jelang F1 GP Australia

Sabtu, 9 April 2022 03:53 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Florion Goga - Pool/Getty Images
Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1. Copyright: © Florion Goga - Pool/Getty Images
Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

INDOSPORT.COM - Pembalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel harus menelan denda puluhan juta rupiah setelah melakukan kecerobohan jelang tampil di F1 GP Australia.

Pada Jumat (08/04/22) kemarin, mobil yang digunakan Sebastian Vettel mendadak mogok saat melakoni sesi latihan Grand Prix Australia.

Vettel melaju beberapa putaran sebelum mobilnya tiba-tiba berhenti dan mengeluarkan asap saat FP1. Keluar dari mobilnya, pebalap Jerman itu mengambil tabung APAR dari marshal dan menyemprot mobilnya untuk memadamkan api.

Setelah sesi latihan selesai, Vettel mengendarai motor skuter melewati lintasan untuk kembali ke garasi sembari menyapa penggemar.

Aksi tersebut dinilai ceroboh lantaran melanggar regulasi dengan memasuki lintasan tanpa izin. Meski demikian, Sebastian Vettel bersikukuh merasa mendapatkan lampu hijau dari marshal yang menawarinya menggunakan skuter tersebut. 

"Saya mengatakan, 'bolehkan saya mengendarainya?' karena saya lebih memilih berkendara sendiri," ujar Vettel kepada awak media seperti dikutip Reuters.

"Dan kemudian dia menyerahkan skuternya kepada saya, lalu saya bilang, 'OK', dan dia bilang, 'berangkatlah.' Lalu saya pergi. Maksud saya saya ingin mobil saya kembali dan tidak mencari masalah. Saya di sini tidak untuk mengendarai skuter."

Steward mengatakan Sebastian Vettel lebih memilih melaju sendiri di trek ketimbang rute evakuasi yang telah ditentukan sedangkan marshal berusaha mengontak race control untuk meminta instruksi.

Vettel, yang mencatatkan waktu terbaik ke-13 sebelum kemalangannya itu, tidak turun dalam sesi latihan kedua karena Aston Martin harus mengganti power unit baru pada mobil sang pembalap.