MotoGP

Suzuki Cabut dari MotoGP, Joan Mir Langsung Gelar Pembicaraan dengan Repsol Honda

Sabtu, 14 Mei 2022 02:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images/Steve Wobes
Seiring dengan mundurnya Suzuki dari MotoGP akhir musim ini, Alex Rins mengaku tengah menggelar pembicaraan dengan Repsol Honda terkait kepindahannya. Copyright: © Getty Images/Steve Wobes
Seiring dengan mundurnya Suzuki dari MotoGP akhir musim ini, Alex Rins mengaku tengah menggelar pembicaraan dengan Repsol Honda terkait kepindahannya.

INDOSPORT.COM – Seiring dengan mundurnya Suzuki dari MotoGP akhir musim ini, Alex Rins mengaku tengah menggelar pembicaraan dengan Repsol Honda terkait kepindahannya.

Pada gelaran tes tengah musim di Sirkuit Jerez beberapa waktu lalu, MotoGP dikagetkan dengan isu yang muncul dari Suzuki.

Tim pabraikan asal Jepang itu disebut bakal mengundurkan diri dari keikutsertaan di MotoGP pada akhir musim 2022 ini.

Sempat tutup mulut cukup lama, Suzuki akhirnya angkat bicara terkait isu ini. Manajemen Suzuki membenarkan kabar tersebut dan menyebut keputusan ini diambil salah satunya karena masalah finansial.

"Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna soal kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir 2022,” tulis pernyataan resmi Suzuki.

"Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan memfokuskan usaha pada perubahan-perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif dalam beberapa tahun ini, memaksa Suzuki mengalihkan biaya dan sumber daya manusianya untuk mengembangkan teknologi-teknologi baru.”

Situasi ini tak pelak menimbulkan tanda tanya besar bagi dua pembalap andalan Suzuki Ecstar musim ini, Joan Mir dan Alex Rins.

Dengan mundurnya Suzuki, kedua rider yang sama-sama berasal dari Spanyol ini harus mencari tim baru  jika ingin terus berlaga di MotoGP musim depan.

Rins dan Mir sendiri sejatinya tampil cukup baik musim ini. Rins berada di posisi 4 klasemen sementara dengan 69 poin dan 2 kali finis di podium.

Sementara itu, meski belum sekalipun meraih podium musim ini, Joan Mir yang berstatus juara dunia MotoGP 2020 berada di posisi 6 dengan 56 poin.