MotoGP

Ekspektasi MotoGP 2023 Diturunkan, Marc Marquez Hancurkan Honda?

Kamis, 10 November 2022 04:50 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Willy Kurniawan
Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan Copyright: © REUTERS/Willy Kurniawan
Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

INDOSPORT.COM - Pembalap Honda Repsol, Marc Marquez, mulai menurunkan ekspektasi balapan musim depan akibat tak puas dengan hasil tes pramusim pasca MotoGP 2022 di Valencia.

MotoGP 2022 resmi telah berakhir dengan menampilkan juara baru, yakni Francesco Bagnaia dengan tim pabrikannya, Ducati Lenovo.

Kemenangan Bagnaia begitu memecahkan banyak rekor sekaligus memutus rangkaian juara dunia MotoGP yang berkebangsaan dari Spanyol.

Sementara itu pemilik gelar 6 kali juara dunia MotoGP, Marc Marquez justru mengalami nasib yang berbeda karena baru saja pulih dari cedera diplopia dan patah tulang yang dialaminya sejak kecelakaan hebat di Jerez tahun 2020.

Jelas usai pulih dari cedera, Marc Marquez tak bisa langsung tampil gacor karena di saat yang bersamaan tunggangan yang ia kendarai, RC213V sedang dalam performa terburuknya.

Setelah musim 2022 berakhir, Marc Marquez bisa menebus dosanya untuk memperbaiki performa RC213V sejak ia tinggalkan untuk menjalani masa pemulihan cedera dengan menjalani tes pramusim pasca kompetisi di Valencia.

Sayangnya menjalani tes pramusim jelang MotoGP 2023, Marc Marquez kembali dibuat repot dengan performa tunggangannya karena The Baby Alien gagal menjadi yang tercepat.

Dalam sesi tes pramusim pasca MotoGP 2022 yang berlangsung di Valencia, Luca Marini berhasil keluar menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1'30"032 detik, dan dalam daftar sepuluh besar tidak ada nama Marc Marquez.

Pembalap berkebangsaan Spanyol ini tercatat cuma ada diperingkat ke-13 tepat di belakang juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia yang ada di peringkat ke-12.

Mengingat tes pramusim sebelum mulainya MotoGP 2023 begitu singkat, sangat penting untuk para pembalap dan tim mengumpulkan data sebanyak mungkin dan menggunakan data tersebut untuk melakukan perbaikan performa pada motor yang akan digunakan dalam kejuaraan musim depan.

Sayangnya untuk Marc Marquez, tampaknya waktu yang disediakan pada tes pramusim tidak akan cukup untuk segera mengembalikan performa motor dan ketajamannya dalam membalap.

Jika ingin mengebut perbaikan pada tes pramusim musim dingin, maka Marq Marquez dan Honda perlu bekerja sangat keras supaya bisa tampil kompetitif di MotoGP 2023.