x

3 Benda Asing yang Bikin Kecelakaan Aneh di MotoGP 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 16:29 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Di MotoGP 2020 kali ini, ada beberapa kecelakaan yang membuat sejumlah pembalap tak bisa melanjutkan race yang disebabkan adanya benda asing.

INDOSPORT.COM - Berbagai hal tak terduga telah banyak terjadi di ajang MotoGP 2020 yang kini tinggal menyisakan empat balapan lagi. Salah satu momen yang membuat jantung berdegup kencang yakni ketika pembalap terjatuh, dan ada beberapa penyebab kecelakaan di MotoGP 2020 karena adanya benda asing.

Penggemar balapan MotoGP yang menyaksikan melalui layar kaca acap kali dibuat takjub saat para rider motor-motor yang bisa nyaris berkecepatan 360km per jam saling salip menyalip demi menjadi pemenang.

Baca Juga
Baca Juga

Sering kali balapan MotoGP diwarnai dengan banyak kecelakaan dengan berbagai sebab. Di MotoGP 2020 kali ini, ada beberapa kecelakaan yang membuat sejumlah pembalap tak bisa melanjutkan race yang disebabkan adanya benda asing.

Entah benda itu berasal dari motor ataupun pakaian balap ekstra lengkap yang digunakan. Namun barang-barang kecil itu sangat menjengkelkan karena membuat si empunya motor terjatuh atau membuat lawan yang ada di belakangnya ikut kena imbasnya.

Mirisnya, ada beberapa pembalap yang mengalami kerugian berkali lipat saat mereka terjatuh karena benda kecil ini. Ada yang sudah menjadi pemimpin balapan namun terpaksa jatuh atau keluar jalur sehingga tak bisa naik podium atau bahkan tak dapat poin sama sekali.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 benda asing yang pernah terlihat muncul saat pembalap terjatuh atau bahkan yang menyebabkan mereka mengalami kecelakaan.

Sampah Plastik

Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) nyaris meraih podium juara 1 untuk pertama kalinya di MotoGP Emilia-Romagna, pada Minggu (20/09/20) silam jika saja kecelakaan 'aneh' tidak terjadi kepadanya.

Bagnaia di peringkat pertama unggul jauh, nyaris dua detik lebih di depan Maverick Vinales sebelum akhirnya terjatuh di tikungan keenam. Mengalami kecelakaan yang agak janggal, Bagnaia pun kebingungan.

"Hal pertama yang saya pikirkan ketika jatuh adalah saya sangat ingin motor segera dibawa ke box untuk melihat apa yang terjadi. Karena terlalu aneh, kecelakaan itu," kata Bagnaia seperti dilansir dari Crash.

"Saya benar-benar under control, dengan gap saya dengan Maverick, saya unggul untuk mengendalikan kecepatan dibanding ia, dia (Vinales) tentu tampil mekekan saya sangat cerdas dengan tetap mengontrol jarak. Dan kecelakaan itu luar biasa, karena melihat ke data, kecepatan sama, sudut kemiringan sama, gas sama, jalur sama ...

Baca Juga
Baca Juga

"Jadi sepertinya saya menyentuh sesuatu, seperti sobekan (plastik) atau sesuatu yang kotor di trek. Satu-satunya hal yang dapat terjadi adalah hal tersebut, karena (jika) bukan sesuatu seperti ini, saya sedikit takut untuk balapan berikutnya, karena kecelakaan seperti ini tanpa peringatan dari lap sebelumnya sangat aneh.

Dugaan Bagnaia terkait adanya 'benda asing' yakni sebuah plastik transparan yang membuatnya tereliminasi dari MotoGP Emilia-Romagna juga terjadi pada Jack Miller. 


1. Sobekan Helm

Momen Maverick Vinales terjatuh saat berduel dengan Marc Marquez

Sama seperti Francesco Bagnaia, benda aneh juga membuat Jack Miller sial di MotoGP Emilia-Romagna. 

Pembalap asal tim Pramac Ducati itu dipaksa menyingkir dan masuk paddock setelah salah satu benda sobek dari motor Fabio Quartarto terhisap masuk ke dalam mesin motornya saat balapan dan menghalangi filter udara.

Miller pun membagikan foto potongan pelindung kaca helm milik Quartararo yang nyangkut ke dalam motornya. Tak sampai di situ, Miller bahkan sengaja memajang benda dari helm Quartararo itu di paddock tim Pramac selama MotoGP Catalunya 2020.

Alih-alih kesal pada Quartararo, Miller dan pembalap Prancis itu justru sepakat untuk melelang sobekan pelindung helm tersebut.

Hasil penjualan sobekan helm yang ditandatangani keduanya itu nantinya akan disumbangkan ke sebuah badan amal bernama Wheels for Life.

"Mungkin saya akan menjualnya untuk amal atau sejenisnya," ujar Jack Miller seperti dilansir dari Autosport

"Saya ingin dia (Quartararo) juga ikut menandatanganinya. Saya pikir hal itu yang bisa kami lakukan," tambahnya.

Bagian dari Sepatu Boot

Alex Marquez menjadi saksi langsung bagaimana Maverick Vinales berusaha selamat dari motornya saat seri MotoGP Styria. Marquez melihat potongan benda misterius jatuh dari motor Vinales sebelum akhirnya sang pembalap menjatuhkan diri.

Alex Marquez tepat berada di belakang Maverick Vinales saat pembalap Monster Yamaha itu melompat dari motornya yang mengalami gangguan rem di tikungan 1 lap ke 17. Motor tunggangan Vinales akhirnya menabrak pembatas sirkuit dan terbakar.

"Saya merasa ada yang tidak beres dan melihat Vinales akhirnya melepas motornya, saya melihat Vinales sangat menderita sebelum itu di atas motornya saya tidak tahu karena rem atau bannya," ujar Marquez seperti dilansir dari Crash.

"Lalu saya melihat dia mulai memelankan laju motor dan saya akhirnya tahu karena dia berusaha tak membuat remnya jadi panas lalu saat kami ada di tikungan pertama saya melihat ada part warna hitam lepas dari motornya, mungkin itu bagian dari sepatu boot miliknya," tambah pembalap Repsol Honda itu.

Beruntung Vinales selamat dan tak terluka meskipun insiden tersebut meskipun steward akhirnya mengibarkan red flag.

MotoGPJack MillerMaverick VinalesAlex MarquezFabio QuartararoFrancesco BagnaiaBerita MotoGP

Berita Terkini

Berita Terpopuler