x

Demi Dukung MotoGP Mandalika 2021, Keamanan Laut NTB Ditingkatkan

Kamis, 29 Oktober 2020 12:21 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Keamanan laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditingkatkan untuk mendukung perhelatan akbar Kekuaraan MotoGP 2021 yang berlangsung di sirkuit Mandalika

INDOSPORT.COM – Keamanan laut di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan ditingkatkan untuk mendukung perhelatan akbar Kejuaraan MotoGP 2021 yang berlangsung di sirkuit Mandalika.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kombes Pol Kobul Syahrin Ritonga selaku Direktur Polisi Perairan Kepolisian Daerah NTB, yang mengatakan pengawasan laut perlu ditingkatkan menjelang perhelatan MotoGP 2021 yang akan berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Jadi butuh pelayanan yang maksimal diberikan kepada para wisatawan supaya mereka merasa aman, nyaman, dan betah selama berlibur ke NTB," kata Kobul, dilansir dari laman Antara.

Baca Juga
Baca Juga

Hal itu diungkapkan Kobul karena melihat potensi kunjungan wisatawan yang cukup tinggi, yang diprediksi kunjungan mencapai 150 ribu wisatawan.

Belum lagi melihat rencana kapal pesiar yang akan bersandar di Pulau Lombok dan beragam aktivitas wisatawan selama berlibur, khususnya di KEK Mandalika. Intensitas kunjungan wisatawan itu menjadi tolok ukur pengamanannya.

"Jadi potensi gangguan keamanan dalam kegiatan wisatawan di situ harus diantisipasi," ujarnya.

Karena itu, kata Kobul, pihaknya dikatakan sudah membahas soal pengamanan laut dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Basarnas, dan stakeholder lainnya.

Baca Juga
Baca Juga

Begitu juga dengan upaya meningkatkan pengawasan di KEK Mandalika yang lokasinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pengawasannya harus didukung dengan armada laut yang mumpuni.

Untuk mencapai hal tersebut, Kobul mengatakan bahwa Polda NTB telah berkoordinasi dengan Mabes Polri dengan mengajukan penambahan armada laut.

"Seperti kapal pemburu cepat, jetski, dan lainnya, itu yang kita ajukan dan sekarang masih menunggu," ujarnya.

MotoGPSirkuit MandalikaBerita OlahragaBerita SportMotoGP 2021Berita MotoGP

Berita Terkini