x

Marquez Hadapi Mimpi Buruk Operasi Ketiga, Dovizioso Ambil Keuntungan

Jumat, 27 November 2020 19:13 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Kini Marc Marquez disebut telah memutuskan untuk menjalani operasi ketiganya. Di sisi lain, eks pembalap Ducati, Andrea Dovizioso justru mendapat keuntungan.

INDOSPORT.COM - Setelah kabar simpang siur yang beredar mengenai kondisi pemulihan cederanya yang sangat lambat, kini Marc Marquez disebut telah memutuskan untuk menjalani operasi ketiganya. Di sisi lain, eks pembalap Ducati, Andrea Dovizioso justru mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Operasi ketiga yang rencananya akan dilakukan Marquez membuat pembalap berjuluk Baby Alien itu bakal absen di awal-awal seri balapan MotoGP 2021

Baca Juga
Baca Juga

Menurut surat kabar Spanyol El Pais, juara enam kali MotoGP itu akan melakukan operasi ketiganya di lengannya yang patah pada 1 Desember mendatang. 

Marquez diketahui mengalami patah tulang lengan kanan atas saat mengalami kecelakaan di seri pembuka MotoGP 2020 Juli silam. Cedera itu ternyata membutuhkan waktu jauh lebih panjang untuk pulih dari perkiraan sebelumnya.

Spekulasi tentang operasi Marquez untuk kesekian kalinya ini telah muncul di beberapa outlet media Spanyol sejak Oktober lalu. Tim Repsol Honda saat itu buka suara dan menyatakan bahwa pemulihan Marc Marquez berjalan sesuai rencana.

Sebagai informasi, Marquez memang langsung mencoba kembali balapan hanya beberapa hari setelah operasi pertama di MotoGP Jerez yang berlangsung dua kali di awal seri pembuka. 

Lalu setelah itu, episode operasi kedua terjadi pada bulan Agustus lalu karena dokter harus mengganti pelat titanium yang sebelumnya ditanam di lengan pembalap Spanyol itu pada operasi pertama.

Marquez pun akhirnya melewatkan sisa musim MotoGP 2020 sepenuhnya. Kini ia kembali terancam akan absen setidaknya selama enam bulan pasca operasi ketiga pada Desember mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

El Pais juga melaporkan bahwa dia kemudian diperkirakan akan absen dari kompetisi MotoGP selama enam bulan lagi.

Itu berarti pembalap berusia 27 tahun itu terancam tak bisa membalap di enam grand prix termasuk seri Italia pada 30 Mei 2021 jika berdasarkan kalender sementara MotoGP tahun depan.


1. Andrea Dovizioso Bisa Ambil Untung dari Absennya Marquez

Andrea Dovizioso disebut berpeluang menggantikan posisi Marc Marquez yang masih diragukan fit untuk MotoGP 2021.

Manajer Tim Repsol Honda yakni Alberto Puig mengakui pemulihan pembalapnya itu membutuhkan 'proses yang lebih lambat dari yang diharapkan' dalam komentar yang dibuat menjelang Grand Prix Portugal akhir pekan lalu.

“Situasinya sudah kami jelaskan,” kata Alberto Puig.

"Saya tidak dapat memberi tahu Anda sesuatu yang tidak saya ketahui karena, pertama-tama, saya bukan seorang dokter dan yang kedua saya tidak memiliki bola kristal (untuk meramal)."

“Tapi yang kami jelaskan berdasarkan program yang kami putuskan bersama dengan dokter dan mudah-mudahan baik-baik saja," tambahnya.

“Ini jelas merupakan proses yang lebih lambat dari yang kami harapkan dan tentu saja kami inginkan. Tapi sudah seperti ini."

“Tidak semua situasi seperti yang Anda harapkan atau tidak semua cedera dapat pulih seperti yang Anda inginkan."

“Pada dasarnya, begitulah adanya. Saya tahu kami telah mencoba menjelaskan situasi balapan demi balapan karena kami selalu berharap Marc bergabung sepanjang musim.

Satu kemungkinan yang disebut-sebut dialami Marquez pasca sederetan operasi yakni ia menderita pseudoarthrosis, yang juga dikenal sebagai 'non-union' atau 'false joint', meskipun itu biasanya tidak terdiagnosis dalam enam bulan setelah operasi.

Jika Marquez tetap tidak fit, Andrea Dovizioso disebut-sebut menjadi sebuah opsi yang jelas untuk menggantikannya.

Mantan pmebalap pabrikan Honda itu memilih cuti panjang dari MotoGP pada 2021 setelah delapan tahun di Tim Ducati, dan  memilih untuk tetap bebas dari perjanjian formal untuk saat ini.

Dovizioso yang kini masih memilih tak mengikat kerja sama dengan tim manapun  tersedia untuk mengisi celah yang mungkin timbul jika Marquez benar-benar kembali absen di MotoGP 2021.

Di MotoGP 2020, tempat Marquez digantikan pembalap penguji Honda yakni Stefan Bradl yang brlaga di sisa 12 seri MotoGP 2020 yang tidak diikuti Marquez tahun ini dan menempati posisi ketujuh klasemen di akhir musim.

Repsol HondaMotoGPAndrea DoviziosoBerita MotoGP

Berita Terkini