x

Indonesia Pernah Jadi Raja Kelas Underbone di Persaingan Asia Road Racing Championship (ARRC)

Jumat, 5 Maret 2021 23:03 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini

INDOSPORT.COM - Ajang balap tertinggi se-Asia, Asia Road Racing Championship (ARRC), sudah digelar sejak 1996. Pada tahun-tahun awal digelar, para pembalap dari Thailand, Jepang, dan Malaysia yang jadi penguasa.

Indonesia baru unjuk gigi pada ARRC 2004, setelah M Fadli Immammuddin keluar sebagai juara di kelas Underbone 115cc. Ketika itu lomba sudah memakai motor 4-tak.

Setelah itu, selama kelas Underbone 115cc (UB115) digelar hingga 2011, Indonesia selalu keluar sebagai juara, kecuali pada 2009. Ketika itu, pembalap Malaysia, Mohd Affendi Rosli, yang keluar sebagai juara.

Doni Tata Pradita juga pernah merasakan gelar di kelas ini, yaitu pada 2005, sebelum akhirnya merasakan persaingan World Championship, di kelas 125cc (sekarang Moto3).

Rafid Topan Sucipto merupakan pembalab Indonesia lainnya yang pernah menjadi juara UB115. Dari ARRC, dia juga pernah merasakan kerasnya persaingan di kelas Moto2 World Championship.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika kelas Underbone 115cc berubah menjadi Underbone 130cc, Indonesia masih berjaya. Gupita Kresna Wardhana adalah juara pada musim perdana (2015) Underbone 130cc.

Kelas ini hanya dipertandingkan selama dua tahun. Pada 2016 atau musim teakhir kelas ini, Wahyu Aji Trilaksana yang akhirnya keluar sebagai pemenang.

Selebrasi kemenangan yang dilakukan Wahyu merupakan salah satu peristiwa ikonis yang ada di ARRC. Ketika itu, Wahyu merayakan kemenangan dengan memakai atribut tokoh pewayangan, Gatotkaca.


1. Penguasa AP250

Pembalap Indonesia, Andi Muhammad Fadly.

Pada 2015 dan 2016, pembalap Indonesia juga menjadi jawara di kelas Suzuki Asian Challenge. Mereka adalah Andreas Gunawan dan Jefri Tosema.

Sukses para pembalap Indonesia pun mulai bergeser ke motorsport. Pada 2017, Honda mulai turun di kelas Asia Production 250cc (AP250) yang mulai dipertandingkan di ARRC pada 2015.

Gerry Salim yang menjadi salah satu wakil Honda di kelas ini berhasil menutup musim dengan meraih poin terbanyak, yang otomatis menempatkannya sebagai juara umum.

Musim berikutnya yaitu pada 2018, Indonesia kembali berjaya di kelas ini. Kali ini giliran Rheza Danica yang menjadi penguasa AP250, masih bersama Honda.

Baca Juga
Baca Juga

Pada 2019, dominasi Indonesia di kelas ini berlanjut. Kali ini kelas AP250 jadi milik Andi Muhamamd Fadly, bersama Kawasaki.

Pada 2020, Asia Road Racing Championship sempat menggelar seri pertama sebelum akhirnya musim dibatalkan secara penuh karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Tahun ini, ARRC akan kembali bergulir dengan menggelar enam seri yang tersebar di empat sirkuit. Balapan akan berlangsung pada Juni hingga November 2021.

Asia Road Racing Championship (ARRC)Gerry SalimRheza DanicaWahyu Aji TrilaksanaAsia Production 250ccAndi Muhammad Fadly

Berita Terkini