x

Sirkuit Sentul Bakal Dirombak Jadi West Java, Sejumlah Fasilitas Keren Disiapkan

Kamis, 19 Mei 2022 18:04 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sirkuit Sentul Bakal Dirombak Jadi West Java, Sejumlah Fasilitas Keren Disiapkan

INDOSPORT.COM - Sirkuit Internasional Sentul di Bogor akan segera dirombak menjadi West Java Sentul International Cirvuit dan ada sejumlah fasilitas keren yang dipersiapkan.

Rencananya pekerjaan pengembangan Sirkuit Internasional Sentul bakal dilakukan dalam tiga tahap. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

Baca Juga

Tahap awal yang akan dilakukan adalah memperbaiki berbagai fasilitas yang sudah ada, seperti lintasan hingga sarana dan prasarana pendukung seperti paddock dan sebagainya.

Kemudian pada tahap kedua akan dibangun sejumlah fasilitas tambahan seperti entertainment zone, fast zone, hotel zone, hingga waterfront zone.

Baca Juga

"Pada tahap kedua ini akan dibangun sejumlah fasilitas modern berstandar internasional," ujar Bambang Soesatyo dilansir dari Antara.

Selanjutnya, pada tahap ketiga akan dikembangkan berbagai sarana dan prasarana yang telah dibangun menjadi semakin baik dan berdaya guna.

Nantinya desain pengembangan Sirkuit Internasional Sentul bakal dilakukan oleh konsultan internasional Populous yang telah memiliki rekam jejak mendesain arena motorsport di berbagai negara di dunia.

Baca Juga

Hasil desainnya antara lain di Silverstone Circuit, Alabama Motorsports Park Circuit, Dubai Autodrome and Business Park, The Ciruit of Wales, hingga The London Grand Prix.

Kini Bambang Soesatyo selaku ketua Umum IMI bersama pengelola Sirkuit Internasional yang dipimpin Tinton Suprapto terus mematangkan rencana pengembangan tersebut.


1. Pengakuan Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo Ketua Umum IMI. Foto: Instagram@bambang.soesatyo

Menurut Bambang Soesatyo saat ini tim sedang merumuskan total anggaran biaya yang dibutuhkan untuk kemudian dibawa dalam rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga

Dalam persiapan pengembangan Sirkuit Internasional Sentul itu, pengelola bersama IMI Pusat Gubernur Jawa Barat turut mengundang pihak lainnya.

Pihak lain yang dimaksud adalah para pelaku usaha otomotif pemilik pabrik dan kantor di Jawa Barat. Mereka diundang untuk menghadiri kegiatan fundraising Race In A Lifetime.

Baca Juga

Harapannya para pelaku usaha itu bisa mendukung persiapan pengembangan Sirkuit Internasional Sentul.

"Bersama IMI Pusat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengundang para pelaku usaha otomotif dan lainnya yang memiliki pabrik dan kantor di Jawa Barat untuk menghadiri gala dinner fundraising Race In A Lifetime,” kata Bambang Soesatyo.


2. Pemkab Bogor Beri Dukungan Terhadap Upaya Renovasi Sirkuit Sentul

Sirkuit Sentul

Dalam pertemuan dengan Ridwan Kamil, Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya bersama pengelola akan mempresentasikan transformasi Sirkuit Sentul menjadi West Java Sentul International Circuit serta berbagai manfaat yang bisa didapatkan saat bergabung menjadi sponsor.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menyambut baik rencana Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan merenovasi Sirkuit Sentul.

"Kami sangat mendukung, terlebih kan tahun ini kita sedang menata wajah ibu kota kabupaten di Cibinong Raya," ucap Ade Yasin selaku Bupati Bogor.
 

Ikatan Motor Indonesia (IMI)Sirkuit Internasional SentulSirkuit Silverstone

Berita Terkini