In-depth

Mengenal Perkatin, Induk Olahraga Tradisional Katapel Indonesia yang Sudah Diakui Kemenpora

Kamis, 9 Juni 2022 18:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Supriadi/Perkatin
Perkatin (Persatuan Katapel Tradisional Indonesia) merupakan induk olahraga tradisional katapel  yang menaungi seluruh komunitas Katapel di Tanah Air. Copyright: © Supriadi/Perkatin
Perkatin (Persatuan Katapel Tradisional Indonesia) merupakan induk olahraga tradisional katapel yang menaungi seluruh komunitas Katapel di Tanah Air.

INDOSPORT.COM – Perkatin (Persatuan Katapel Tradisional Indonesia) merupakan induk olahraga tradisional katapel yang menaungi seluruh komunitas Katapel di Tanah Air.

Bisa dibilang, Perkatin adalah penggagas yang berhasil membuat permainan lawas tersebut resmi menjadi bagian dari cabang olahraga di Indonesia.

Sebagai informasi, pada tanggal 18 Agustus 2020 katapel sudah resmi dijadikan sebagai cabang olahraga nasional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, serta telah mengantongi SK.

Resminya permainan katapel sebagai olahraga nasional ini sontak menambah semangat baru bagi para pegiat katapel dalam melestarikan salah satu warisan leluhur ini.

Supriadi, ketua Perkatin secara eksklusif menceritakan tentang sejarah berdirinya Perkatin kepada awak INDOSPORT, pada Selasa (07/06/22).

Pada saat diwawancarai oleh tim INDOSPORT melalui sambungan telepon, pria Betawi yang akrab disapa Pitung Hood itu menjelaskan bahwa Perkatin resmi berdiri pada 24 Februari 2019.

Dikatakan Supriadi, kala itu dirinya tengah berkumpul dan bersilaturahmi dengan rekan-rekannya yang tergabung ke dalam sanggar pencak silat di bilangan Tangerang, Banten.

Kemudian, terlontar celetukkan dari salah satu rekannya untuk menggelar kompetisi olahraga tradisional lainnya.

“Awalnya kita bersilaturahmi dan berdiskusi untuk kegiatan sanggar silat kami ke depannya. Lalu, salah satu teman saya mengusulkan untuk membuat suatu acara yang mengangkat permainan tradisional,” pungkas Supriadi alias Pitung Hood kepada INDOSPORT, Selasa (07/06/22).

Dari situlah tercetus ide untuk membuat kompetisi Katapel. Lebih lanjut dijelaskan Pitung Hood, bahwa dirinya dan tim langsung tancap gas mempersiapkan acara tersebut.