TEMPO.CO

Walikota Risma Beri Nama Bayi Gajah Kebun Binatang Surabaya Dumbo

Rabu, 31 Juli 2019 14:45 WIB
Penulis: TEMPO.CO | Editor: Yudono Yanuar
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengunjungi bayi gajah Sumatera yang baru lahir di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Selasa (30/7/2019). Risma menamai bayi gajah itu

TEMPO.CO, Jakarta - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memberi nama Dumbo pada bayi gajah Sumatera yang lahir di Kebun Binatang Surabaya (KBS), 22 Juli 2019.

"Ini kelahiran binatang yang termasuk dilindungi di KBS, setelah kita mendapatkan izin untuk pengelolaan konservasi di KBS. Saya bersyukur Dumbo ini bisa dilahirkan normal dan dalam kondisi selamat," kata Risma saat berkunjung di KBS Surabaya, Selasa, 30 Juli 2019.

Dumbo ini berjenis kelamin jantan. Ia adalah anak kedua dari induk bernama Lembang dan hasil perkawinan dengan gajah jantan bernama Doa. Sebelumnya, Lembang juga telah melahirkan anak yang diberi nama Gonzales.

Lembang kini berusia 47 tahun, sedangkan Doa berusia 53 tahun. Sementara itu Gonzales masih berusia 9 tahun dan adiknya Dumbo berusia tujuh hari.

Tri Rismaharini menjelaskan alasan mengapa memberi nama Dumbo karena diambil dari cerita legenda gajah. Dumbo itu cerita tentang gajah kecil, yang ditinggal mati oleh bapak ibunya. Namun karena gajah kecil itu pintar, Dumbo disukai banyak orang sehingga menjadi tokoh atau raja di lingkunganya.

Dumbo lahir secara normal dengan berat 112 kg, tinggi badan 88 cm dan lingkar dada 118 cm. Dengan lahirnya bayi gajah Sumatera ini, kini koleksi satwa gajah yang ada di KBS bertambah menjadi enam ekor.

Dirut Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Choirul Anwar mengatakan proses kelahiran Dumbo berlangsung lancar. Sebelumnya, Lembang mengandung selama 21 bulan.

"Saat ini, asupan makanan bayi gajah tersebut dari air susu induknya," ujarnya.

TEMPO.CO

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%