Rasa Bangga Presiden Joko Widodo Usai Pencak Silat Jadi Warisan Dunia

Sabtu, 14 Desember 2019 16:53 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Kemenpora
Presiden Indonesia, Joko Widodo turut mengungkapkan rasa bangganya usai pencak silat dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Copyright: © Kemenpora
Presiden Indonesia, Joko Widodo turut mengungkapkan rasa bangganya usai pencak silat dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

INDOSPORT.COM – Presiden Indonesia, Joko Widodo turut mengungkapkan rasa bangganya usai pencak silat dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Pencak silat asal Indonesia ditetapkan sebagai warisan tak benda dunia dalam Sidang ke-14 Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Bogota, Kolombia, Kamis (12/12/19).

Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO memandang pelestarian Tradisi Pencak Silat telah menunjukkan aspek yang mendorong penghormatan dan persaudaraan, serta mendorong kohesi sosial, tidak hanya di satu wilayah, tetapi juga secara nasional bahkan di dunia internasional.

Hal tersebut juga diumukan oleh presiden yang akrab disapa Jokowi, yang dengan bangga mengumumkan hal tersebut di akun resmi Instagram-nya @jokowi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

“Badan PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan UNESCO menetapkan Tradisi Pencak Silat sebagai “Warisan Budaya takbenda untuk Kemanusiaan” dalam sidang di Bogota, Kolombia, hari Kamis lalu,” tulis Jokowi.

“Pencak silat bukan sekadar olahraga beladiri khas Indonesia dan begitu populer di seluruh Nusantara, tapi juga adalah warisan budaya luhur yang mengandung falsafah, spiritualitas, dan kesenian,”

“Karena itulah, penetapan pencak silat sebagai warisan budaya takbenda oleh PBB ini adalah sebuah penghormatan dunia bagi tradisi dan kebudayaan kita,” tambahnya.

Penetapan Tradisi Pencak Silat dalam daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap arti penting tradisi seni bela diri yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi dan masih berkembang sampai hari ini.

Pencak Silat menambah total 10 warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia, yakni, Wayang, Batik, Pelatihan Batik, Angklung, Tari Saman, Noken, Tiga Genre Tradisi Tari Bali, Kapal Pinisi, dan Pencak Silat.