AkuratCo

4 Fakta Menarik Bens Leo, Termasuk Wawancara Anggota Koes Plus

Senin, 29 November 2021 21:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© bensleo52
Dunia musik Tanah Air kehilangan sosok Bens Leo yang telah mengembuskan napas terakhirnya, Senin (29/11/21). Copyright: © bensleo52
Dunia musik Tanah Air kehilangan sosok Bens Leo yang telah mengembuskan napas terakhirnya, Senin (29/11/21).

INDOSPORT.COM - Dunia musik Tanah Air kehilangan sosok Bens Leo yang telah mengembuskan napas terakhirnya, Senin (29/11/21).

Sebelum meninggal dunia, sosok yang satu ini diketahui menjalani perawatan di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, karena terinfeksi Covid-19.

Untuk mengenang namanya yang abadi, berikut lima fakta sosok Bens Leo, salah satu pengamat musik kenamaan Indonesia, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pengamat Musik hingga Produser Album

Lahir 8 Agustus 1952, Bens Leo memiliki nama asli Benekdiktus Hadi Utomo. Ia dikenal sebagai salah satu jurnalis dan pengamat musik yang cukup populer. Kecintaannya di dunia musik pun membuatnya memproduseri beberapa album.

Gagal Masuk Pendidikan AKABRI

Sebelum terjun ke dunia musik, Bens Leo sempat hendak masuk dalam pendidikan AKABRI. Namun, cita-citanya menjadi tentara terpaksa harus dipendam dalam-dalam, setelah ia gagal dalam seleksi AKABRI.

Wawancara Anggota Koes Plus

Setelah gagal seleksi AKABRI, Bens Leo kemudian nekat melakukan wawancara dengan anggota Koes Plus, Tonny Koeswoyo, meski dengan perlengkapan apa adanya.

Hasil wawancara tersebut kemudian Bens Leo kirim ke Berita Yudha Sport & Film. Tidak disangka, ternyata hasil wawancara tersebut dimuat sebagai headline di koran tersebut dengan judul 'Sejarah Koes Bersaudara'.

Dari tulisan itu, Bens Leo pun direkrut untuk menulis di rubrik Seni Budaya.

Setelah gagal seleksi AKABRI, Bens Leo kemudian nekat melakukan wawancara dengan anggota Koes Plus, Tonny Koeswoyo meski dengan perlengkapan apa adanya.

Hasil wawancara tersebut kemudian Bens Leo kirim ke Berita Yudha Sport & Film. Tidak disangka, ternyata hasil wawancara tersebut dimuat sebagai headline di koran tersebut, dengan judul 'Sejarah Koes Bersaudara'.

Dari tulisan itu, Bens Leo kemudian direkrut untuk menulis di rubrik Seni Budaya.

Puncak Karier

Nama Bens Leo semakin populer di dunia jurnalis musik Tanah Air. Bahkan, pada tahun 1774, ia ditunjuk sebagai anggota Dewan Juri Festival Lagu Pop Indonesia.

Sementara pada tahun 1976, ia diundang untuk meliput acara World Popular Song Festival Tokyo, dan menjadi satu-satunya wartawan musik Indonesia yang mendapat undangan tersebut.

Karier Bens Leo terus menanjak, hingga ia masuk dalam tim sosialisasi Anugerah Musik Indonesia (AMI). Tidak hanya itu, Bens Leo juga berhasil memproduseri album perdana Kahitna berjudul 'Cerita Cinta' pada tahun 1993.

Demikianlah beberapa fakta Bens Leo yang meninggal dunia pada usia 69 tahun. Selamat jalan, salah satu pengamat musik terbaik Indonesia.

Baca berita asli di Akurat.co

Disclaimer : Artikel ini adalah kerja sama antara Indosport.com dengan AkuratCo Hal yang berkaitan dengan tulisan, foto, video, grafis, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab dari AkuratCo