Komunitas Sehat

Mengenal AKSI, Wadah Komunitas Kalistenik dan Street Workout di Indonesia

Kamis, 17 November 2022 16:45 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© AKSI Community
AKSI (Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia), wadah komunitas-komunitas olahraga Kalistenik dan Street Workout. . (Foto: AKSI) Copyright: © AKSI Community
AKSI (Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia), wadah komunitas-komunitas olahraga Kalistenik dan Street Workout. . (Foto: AKSI)

INDOSPORT.COM – AKSI merupakan singkatan dari Asosiasi Kalistenik dan Street Workout Indonesia.

Asosiasi ini menjadi wadah dari komunitas olahraga Kalistenik dan Street Workout di segala penjuru Nusantara. Sekadar informasi, Kalistenik sendiri merupakan suatu jenis olahraga yang hanya mengandalkan berat badan tubuh.

Sementara itu untuk Street Workout, merupakan jenis olahraga yang dilakukan di ruangan terbuka atau biasanya di jalanan.

Sudah berdiri sejak 21 September 2017 silam, AKSI bertekad ingin mengembangkan metode kedua olahraga ini agar tak sekadar menjadi trend yang bersifat musiman.

“Tujuan kami juga untuk meningkatkan kualitas dari para praktisi-praktisinya,” ujar Teuku Aufra Maretto, Ketua Asosiasi Kalistenik dan Street workout Indonesia (AKSI) kepada INDOSPORT, Rabu (16/11/22).

“Kita juga memiliki sebuah pelatihan yang dirancang bersama APKI bernama ACT,” sambung pria yang juga kerap disapa Coach Aufra itu.

Lebih lanjut, Aufra juga menjelaskan bahwa pelatihan tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dipelajari oleh pegiat olahraga kalistenik pemula sekali pun.

Nantinya, lulusan dari ACT ini bakal menyabet title Certified Calisthenics Specialist dan namanya akan terdaftar sebagai seorang pelatih kebugaran berspesialisasi kalistenik di laman website APKI.

     Baca Juga