Amerika Terbuka 2014

Nyaris Tumbang, Federer Lolos ke Semifinal

Jumat, 5 September 2014 11:30 WIB
Editor: Daniel Sasongko
 Copyright:

Roger Federer sempat kewalahan dengan gaya permainan Gael Monfils yang sulit diprediksi. Apalagi, arah angin yang berubah-ubah mempersulit petenis Swiss itu. Peluang Federer sempat menipis ketika Monfils unggul 5-4 pada set keempat.

Setelah itu, Federer yang telah berusia 33 tahun itu mampu bangkit dan mendominasi, dengan merebut lima game beruntun. Kebangkitan Federer membuat nyali Monfils menciut dan itu terlihat dari total 10 double fault yang dia bukukan sepanjang pertandingan.

Ini adalah kali kesembilan Federer bangkit dari kekalahan dua set awal dan akhirnya memenangkan pertandingan. Satu prestasi lagi, semifinal US Open kali ini adalah yang pertama bagi Federer sejak 2011.

Semifinal kali ini adalah yang ke-36 bagi Federer dan yang kesembilan di Flushing Meadows. Lima trofi juara grand slam dari total 17 koleksinya berasal dari Amerika Terbuka. Namun, dalam dua tahun terakhir US Open, Federer terdepak dari babak perempatfinal dan babak keempat.

Pada laga empat besar nanti, Sabtu (06/09/14), Federer yang diunggulkan pada posisi kedua, akan berhadapan dengan unggulan ke-14 dari Kroasia, Marin Cilic. Pada pertandingan semifinal lainnya, unggulan utama Novak Djokovic akan menghadapi perlawanan petenis peringkat 10 dunia dari Jepang, Kei Nishikori.

1