BWF Ingin Populerkan Bulutangkis ke Amerika Serikat

Rabu, 29 Juli 2015 07:00 WIB
Editor: Irfan Fikri
© INDOSPORT/Ratno Prasetyo
Poul-Erik Hoyer Copyright: © INDOSPORT/Ratno Prasetyo
Poul-Erik Hoyer

Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempopulerkan bulutangkis di Amerika Serikat. Hasil analisis pasar, saat ini ada 1.600 klub bulutangkis di Amerika Serikat.

"Kami akan melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Setidaknya ada 1.600 klub bulu tangkis swasta di sana. Kami tertarik untuk melibatkan diri dan bekerjasama dengan klub-klub swasta itu serta tentunya bekerjasama dengan Asosiasi Bulutangkis Amerika,” kata ia seperti dikutip dari Antara.

Strategi lainnya adalah bagaimana dapat memasukkan mata pelajaran tentang bulutangkis di sekolah-sekolah AS dengan masuk dalam kurikulum pendidikan.

"Kami dapat menghabiskan miliaran dolar AS dan kemudian tidak sukses. Dengan masuk kurikulum, kami dapat membuat sekolah bulutangkis dan itu akan menjadi investasi masa depan bagi kami," kata mantan atlet tunggal putra Denmark itu.

Dia mengakui lembaga yang dia pimpin belum mempunyai target spesifik bulutangkis dapat menjadi olahraga populer di masyrakat Amerika Serikat sebagaimana telah dicapai cabang sepakbola. Kini, sepakbola jadi olahraga penting di negara itu, bahkan mereka bisa masuk putaran final Piala Dunia.

"Kami akan menggelar pertemuan strategi di sela-sela Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta. Dalam pertemuan itu, kami akan memutuskan seberapa jauh kami akan masuk di kawasan tertentu dan apa fokus serta strateginya," ujar Erik-Hoyer.

Dia menambahkan federasi olahraga raket yang telah populer di kawasan Eropa itu tidak akan terlalu sempit untuk menentukan fokus strategi penetrasi pasar di kawasan tertentu karena harus menetapkan target jangka pendek dan target jangka panjang.

BWF melalui Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015 di Stadion Istora Senayan Jakarta, pada 10-16 Agustus mendatang.

Dalam kejuaraan itu, seluruh pemain unggulan dunia akan bertanding memperebutkan gelar bergengsi tahunan sekaligus menambah perolehan poin menjelang Olimpade 2016.

Para pemain yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia 2015 antara lain pebulutangkis Lin Dan, pebulutangkis China, Lee Chong Wei dan Chen Long, pebulutangkis Denmark, Jan O'Jorgensen.

Juga ada pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, pasangan ganda putra Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen, dan atlet putri Spanyol, Carolina Marin.

Indonesia sebagai tuan rumah juga menyertakan sejumlah wakilnya seperti pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

20