Olimpiade 2016

Tak Terbukti Gunakan Doping, Jagoan Thailand Siap Tampil di Olimpiade

Senin, 18 Juli 2016 16:47 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Ratchanok Intanon dipastikan diperbolehkan turun dalam Olimpiade Rio 2016. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Ratchanok Intanon dipastikan diperbolehkan turun dalam Olimpiade Rio 2016.

BWF resmi mengonfirmasi jika pebulutangkis 21 tahun itu tak terbukti menggunakan doping. Ratchanok sebelumnya sempat dirumorkan menggunakan doping usai ditemukan zat terlarang dalam urinnya.

"Tim panel BWF telah memastikan jika Ratchanok bersih dari berbagai pelanggaran terkait penggunaan doping dan BWF telah membersihkan Intanon dari berbagai tuduhan yang dikenakan sejak empat hari lalu, serta mengizinkan ia untuk berpartisipasi dalam kompetisi segera," tulis BWF dalam pernyataan resminya.


Ratchanok Intanon di ajang Indonesia Open 2016

Keputusan tersebut dibuat setelah sidang panel terkait keputusan sanksi bagi Ratchanok yang dirumorkan mengunakan doping.

Hal tersebut menyusul temuan tim analitik terhadap sampel urine pemain Thailand tersebut yang diberikan pada 15 Mei lalu di ajang Piala Thomas dan Uber Cup.

Dalam rilisnya, BWF juga menyebut, jika Ratchanok memang tengah berada dalam proses pengobatan medis saat ini dan hal tersebut tidak melanggar peraturan terkait doping. Federasi Bulutangkis Thailand (BAT) mengaku belum mengetahui hasil dari keputusan tersebut.

"Dia (Intanon) berlatih keras untuk Olimpiade dan telah memalui berbagai test, kita harus terus mendukungnya," ujar pihak BAT seperti dilansir laman Bangkok Post.