Australia Terbuka 2017

Ingin Kalahkan Nadal, Ini yang Harus Dilakukan Federer

Minggu, 29 Januari 2017 12:43 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Roger Federer menang di babak pertama Australia Terbuka 2017. Copyright: © Getty Images
Roger Federer menang di babak pertama Australia Terbuka 2017.

Meski unggul torehan gelar juara, peluang Federer untuk bisa mengalahkan Nadal tidaklah terlalu besar. Masalah selisih usia menjadi salah satu indikasi yang membuat petenis asal Swiss itu diperkirakan akan sulit menghadapi permainan Nadal yang lima tahun lebih muda.

Meski begitu, tentu masih ada peluang bagi Federer untuk mengalahkan Nadal. Petenis asal Swiss ini masih bisa mengalahkan sang rival asalkan ia bermain lebih agresif.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh mantan pelatih Federer yakni Paul Annacone. Annacone yang menjadi pernah membantu Federer untuk memenangkan Grand Slam ke-12 nya itu mengatakan jika mantan anak asuhnya ini masih memiliki peluang, meskipun kecil dan harus bermain lebih agresif bila ingin keluar sebagai juara.


Roger Federer yang mengincar gelar Grand Slam ke-15 nya

"Ia harus bermain lebih agresif dari biasanya, jika ia tidak melakukan banyak kesalahan, maka ia akan keluar sebagai pemenangnya," ujar Annacone kepada Fox Sports.

Ia juga menegaskan bahwa kedua petenis ini memiliki keunggulan masing-masing yakni Rafael Nadal dengan forehand tangan kirinya dan Federer dengan backhand- nya.

Namun Nadal sekali lagi lebih diunggulkan berkat kemampuannya mengontrol sisi psikologi. Nadal dinilai bisa lebih tenang dan stabil, sementara Federer terkadang mengalami inkonsistensi pada sebuah pertandingan.