On This Day: Lahirnya Pemain Ganda Putra Indonesia Berjuluk "Minion"

Kamis, 9 Maret 2017 16:56 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PP PBSI
Aksi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di All England Open 2017. Copyright: © Humas PP PBSI
Aksi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di All England Open 2017.

Marcus Fernaldi Gideon lahir di Jakarta, 9 Maret 1991. Ia lahir dari pasangan Sujati Iskandar dan Kurniahu. Bakat bulutangkis Marcus barangkali turun dari sang ayah yang merupakan mantan pemain bulutangkis nasional dan kini melatih di klub PB Tangkas Intiland.

Marcus adalah pemain spesialis ganda. Ia pernah berpasangan di ganda campuran dengan Rizki Amelia Pradipta dan ganda putra dengan mantan pemain nomor 1 dunia, Markis Kido. Bersama Markis, ia sempat menjuarai French Open pada 2013 dengan mengalahkan pasangan Malaysia, Koo Kien Kiat/Tan Boon Heong di final.

Namun sejak 2015, ia dipasangkan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Di tahun yang sama, mereka langsung menyumbang medali perak dari ajang SEA Games 2015 di Singapura di cabang ganda putra dan medali emas di sektor beregu putra. Marcus juga mendapat medali perunggu dari tunamen Piala Sudirman 2015. Oleh para penggemar bulutangkis Tanah Air, pasangan ini pun dijuluki "The Minions" karena postur tubuh mereka yang mungil.

Marcus Fernaldi Gideon (kiri) saat menang India Open 2016 bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Bersama Kevin, ia mulai menunjukkan tajinya di ajang Super Series setahun kemudian. Mereka meraih gelar di India Open 2016 dengan menaklukkan pasangan sesama Indonesia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi. Dua bulan kemudian, Marcus/Kevin mengulang prestasi yang sama di Australia Open 2016 dengan mengalahkan Angga/Ricky pula.

Sementara di kompetisi Piala Thomas 2016, ia tampil trengginas membela Indonesia. Namun meski telah menyumbang poin, Tim Indonesia kurang beruntung dan hanya bisa meraih medali perak karena kalah dari Denmark di sektor tunggal.

Di tahun 2016 pula, peringkat BWF Marcus/Kevin pun naik ke posisi dua dunia. Mereka juga berhak mengikuti Dubai Finals 2016. Sayang Marcus/Kevin belum mampu melangkah jauh dan terhenti di babak grup.

Kini, Marcus bersama Kevin tengah berjuang di ajang bulutangkis paling bergengsi, All England 2017. Di babak kedua yang akan berlangsung hari ini, mereka akan menghadapi pasangan Inggris peringkat 62 dunia, Peter Briggs/Tom Wolfenden.