European Badminton Championship 2017

Daftar Para Juara di Kejuaraan Eropa 2017: Marin Hattrick, Inggris-Denmark Dominan

Senin, 1 Mei 2017 10:50 WIB
Editor: Ramadhan
© twitter@antoagustian
Anders Antonsen Copyright: © twitter@antoagustian
Anders Antonsen

European Badminton Championships atau Kejuaraan Bulutangkis Eropa 2017 yang berlangsung di Sydbank Arena, Kolding, Denmark pada 25-30 April kemarin baru saja berakhir. Sejumlah peraih gelar juara pun sudah tercatat, termasuk rekor yang tercipta.

Di sektor tunggal putra, pebulutangkis gaek Inggris, Rajiv Ouseph secara mengejutkan berhasil tampil sebagai kampiun usai mengalahkan pebulutangkis muda Denmark, Anders Antonsen dengan skor 21-19 dan 21-19.

Rajiv berhasil memanfaatkan absennya tunggal putra andalan Denmark, Jan O Jorgensen. Selain itu, pebulutangkis berusia 30 tahun itu terhindar dari duel melawan tunggal putra andalan Denmark lainnya, Victor Axelsen yang secara mengejutkan harus tersingkir di semifinal.

Alhasil, Rajiv melenggang ke partai final dengan mudah setelah mengalahkan wakil Denmark lainnya, Hans-Kristian Vittinghus di partai semifinal lewat pertarungan ketat rubber set dengan skor akhir 21-18, 21-23, dan 16-21.

Sementara di sektor tunggal putri, pebulutangkis terbaik Spanyol, Carolina Marin kembali membuktikan diri sebagai salah satu pemain jempolan di Eropa. Marin baru saja memastikan gelar juara European Badminton Championship atau Kejuaraan Bulutangkis Eropa 2017.

© twitter@antoagustian
Carolina Marin Copyright: twitter@antoagustianCarolina Marin

Di partai final, pemain berusia 23 tahun itu sukses mengalahkan pebulutangkis asal Skotlandia, Kirsty Gilmour lewat pertarungan mudah dengan skor akhir 21-14 dan 21-12 di Sydbank Arena, Kolding, Denmark. Marin pun sukses mengukir hattrick gelar juara di Kejuaraan Eropa.

Sejauh ini, Marin sudah mengoleksi tiga gelar Kejuaraan Eropa secara beruntun. Pemain kelahiran Huelva, Spanyol itu sudah meraih gelar Kejuaraan Eropa di tahun 2014 (Kazan, Rusia), 2016 (La Roche-sur-Yon, Prancis), dan terakhir tahun 2017 ini (Kolding, Denmark).

Bertindak sebagai tuan rumah, Denmark menunjukkan bahwa mereka masih berstatus negara bulutangkis yang disegani di Benua Biru. Dua gelar sukses diraih wakil Denmark di Kejuaraan Eropa 2017 lewat ganda putra, Mathias Boe/Carsten Mogensen dan ganda putri Kamilla Ryter Juhl/Christinna Pedersen.

Di sektor ganda putra, Boe/Mogensen sukses memenangi All Denmark Final setelah mengalahkan rekan senegaranya yang merupakan musuh bebuyutan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding dengan skor akhir 21-16 dan 22-20.

Sementara itu, ganda putri Denmark, Juhl/Pedersen sukses meraih kemenangan atas wakil Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva lewat pertarungan sengit rubber set dengan skor akhir 21-11, 15-21, dan 21-11.

© twitter@antoagustian
Boe dan Mogensen Copyright: twitter@antoagustianBoe dan Mogensen

Tak mau kalah, Inggris juga menyamai pencapaian Denmark dengan meraih dua gelar juara di ajang tersebut. Selain juara tunggal putra, Inggris juga meraih gelar di sektor ganda campuran lewat Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Duo Adcock menang atas pasangan ganda campuran Denmark, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen lewat rubber set dengan skor 17-21, 21-18, dan 19-21.

Berikut Daftar Para Juara di Kejuaraan Eropa 2017:
Tunggal Putra: Rajiv Ouseph (Inggris)
Tunggal Putri: Carolina Marin (Spanyol)
Ganda Putra: Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark)
Ganda Putri: Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen (Denmark)
Ganda Campuran: Chris Adcock/Gabrielle Adcock (Inggris)