Piala Sudirman 2017

Jelang Piala Sudirman, Ganda Putra Malaysia Dapat Kritikan

Kamis, 4 Mei 2017 06:23 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Copyright: © Charlie Crowhurst/Getty Images
Ganda putra Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Dalam hitungan beberapa hari lagi, tepatnya pada 21 Mei 2017, salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Piala Sudirman 2017 akan bergulir. Australia sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah dan penyelenggara turnamen dua tahunan tersebut.

Berbagai evaluasi pun mulai dilakukan oleh setiap negara peserta kepada para pebulutangkis perwakilannya, seperti yang dilakukan oleh tetangga terdekat Indonesia, Malaysia.

Jelang turnamen tersebut, pihak Malaysia mengaku memiliki permasalahan yang cukup serius. Masalah itu adalah untuk bisa meningkatkan permainan ganda putra terbaiknya, Goh V Shem/Tan Wee Kiong.

Pasalnya, dalam beberapa turnamen terakhir yang keduanya ikuti, mereka selalu gagal merebut gelar juara. Di ajang All England 2017 dan India Open 2017, mereka hanya mampu menembus partai perempatfinal.

Akibat rentetan hasil buruk tersebut, pasangan yang sempat menduduki peringkat nomor satu dunia itu kini harus turun ke peringkat empat, di bawah pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Li Junhui/Liu Yuchen, dan Mathias Boe/Carsten Mogensen.

Kenyataan tersebut pun jelas membuat kecewa pelatih ganda putra Malaysia, Jeremy Gan, yang merasa level permainan Goh/Tan seperti mengalami penurunan pasca meraih medali perak Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

© Internet
Shem V Goh, Wee Kiong Tan Copyright: InternetGoh/Tan disebut masih terlena dengan keberhasilan meraih medali perak Olimpiade 2016.

"Saya tidak senang dengan penampilan mereka di beberapa turnamen terakhir dan hal itu saya katakan langsung kepada mereka. Mereka memang tetap berlatih dengan keras, tapi kualitas permainannya tidak ada perkembangan sejak Olimpiade 2016," ujar Jeremy seperti dikutip dari The Star.

Meski merasa kecewa, Jeremy tidak menutupi bahwa Goh/Tan tetap merupakan salah satu pasangan ganda putra terbaik di dunia saat ini.

"Bagaimanapun, mereka tetap pasangan terbaik di negeri ini. Persiapan yang mereka jalani dalam tiga minggu terakhir ini akan menjadi sangat penting, supaya dalam kondisi terbaik saat berlaga di Piala Sudirman," pungkas Jeremy.