Piala Sudirman 2017

Jelang Piala Sudirman, Ganda Campuran Indonesia Alami Dilema

Rabu, 17 Mei 2017 09:25 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© HUMAS PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto salah satu ganda campuran andalan Indonesia di Piala Sudirman 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto salah satu ganda campuran andalan Indonesia di Piala Sudirman 2017.

Mulai Minggu (21/05/17) mendatang, para pebulutangkis terbaik Tanah Air akan ikut ambil bagian dalam turnamen kejuaraan beregu campuran paling bergengsi di dunia, yakni Piala Sudirman 2017 di Australia.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan setiap wakil Indonesia yang nantinya dikirim ke ajang yang telah bergulir sejak 1989 silam tersebut. Namun, terdapat sebuah masalah yang cukup pelik dari nomor ganda campuran.

Permasalahan tersebut datang dari Praveen Jordan yang biasanya berpasangan dengan Debby Susanto. Pria kelahiran 26 April 1993 tersebut dilaporkan baru saja sembuh dari penyakit tifus dan dikhawatirkan akan kesulitan untuk menampilkan permainan terbaiknya.

© INTERNET
Praveen Jordan berisap untuk smash Shuttlecock pada laga Dubai Super Series Final 2016. Copyright: INTERNETPraveen baru saja sembuth dari penyakit tifus.

"Saat ini tim ganda campuran sudah tinggal pematangan teknik dan menjaga kondisi, namun dengan Praveen yang sempat dirawat karena tifus saya harap bisa melihat dia pulih ke kondisi terbaiknya dan turun bermain," kata Richard Mainaky selaku pelatih ganda campuran Indonesia seperti dikutip INDOSPORT dari Antara.

Kendati demikian, Richard menjelaskan dia dan timnya memiliki pilihan lain  jika Praveen tidak memungkinkan untuk bertanding, dengan memasangkan Debby dan Tontowi Ahmad atau menurunkan Tontowi Ahmad bersama Gloria Emanuelle Widjaja.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRichard sudah memiliki rencana cadangan bila Praveen dinilai tidak bisa bertanding di Piala Sudirman 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Richard juga mengomentari permainan anak didiknya saat menjajal laga simulasi pada Sabtu (13/05/17) lalu.

"Terkait dengan simulasi kemarin saya lihat pasangan kita sudah sesuai harapan termasuk Tontowi dan Gloria yang memang masih kurang pengalamannya dengan keantusiasan mereka, karena memang kalau di ganda campuran butuh leader yang berpengalaman tapi secara keseluruhan sudah sesuai harapan," ujarnya.

Perlu diketahui, Pihak PP PBSI menginformasikan tim Piala Sudirman Indonesia akan bertolak ke Gold Coast, Australia pada Rabu (17/05/17) ini. Indonesia  sendiri akan menjalani laga pertama pada Selasa (23/05/17) menghadapi India.