Australia Open 2017

Terungkap! Ini Penyebab Lee Chong Wei Mundur dari Australia Open 2017

Sabtu, 24 Juni 2017 07:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Lanjar Wiratri/Indosport
Pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei. Copyright: © Lanjar Wiratri/Indosport
Pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei.

Bertempat di Sydney Olympic Park Sports Centre sejak Selasa (20/06/17) kemarin tengah berlangsung turnamen Super Series keenam di musim 2017, yakni Australia Open 2017.

Turnamen yang memiliki total hadiah sebesar 750 ribu USD (Rp9,987 miliar) ini sendiri dimulai hanya selang satu hari dari turnamen Indonesia Open 2017 yang mempertandingan partai final pada Minggu (18/06/17) lalu.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei Copyright: Herry Ibrahim/IndosportChong Wei terhenti di babak kedua Indonesia Open 2017.

Dilansir dari data yang terdapat di situs Tournament Software, dari seluruh peserta yang dijadwalkan ikut ambil bagian di Australia Open 2017 terdapat sebuah keanehan. Pasalnya, di nomor tunggal putra tidak terdapat nama Lee Chong Wei.

Baca Juga

Ya, pebulutangkis yang kini menempati peringkat dua dunia tersebut tidak termasuk di dalam daftar peserta nomor tunggal putra. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, pasalnya ketika tersingkir di babak kedua Indonesia Open 2017, Chong Wei mengatakan dirinya akan langsung bersiap untuk mengikuti Australia Open 2017.

Diketahui ternyata Chong Wei yang sempat beberapa kali menduduki peringkat nomor satu dunia memang telah memutuskan untuk absen di Australia Open 2017.

© Simon Cooper via Getty Images
Lee Chong Wei saat tampil di ajang All England 2017. Copyright: Simon Cooper via Getty ImagesLee Chong Wei saat tampil di ajang All England 2017.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Presiden Badminton Association of Malaysia (BAM), Datu Seri Mohamad Norza Zakaria. Menurut Norza, Chong Wei memang sengaja absen di Australia Open 2017.

Suami Wong Mew Choo itu disebut lebih memilih untuk mengistirahatkan badannya agar bisa maksimal di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di Skotlandia pada Agustus 2017 mendatang.

© thestar.com
Badminton Association of Malaysia (BAM), Presiden Datuk Seri Norza Zakaria. Copyright: thestar.comPresiden Badminton Association of Malaysia (BAM), Datuk Seri Norza Zakaria.

"Ya, Chong Wei memberi tahu saya bahwa ia telah memutuskan untuk menarik diri dari ajang Australia Open. Dia ingin beristirahat dan menjaga kondisi tubuhnya tetap fit untuk mengikuti Kejuaraan Dunia," ujar Norza seperti dikutip dari Fourth Official.

Absennya Chong Wei ini sendiri membuat ajang dirinya dipastikan memperpanjanga rekor buruknya yang tercatat belum pernah sekalipun meraih gelar juara di kancah Australia Open.