Strategi Greysia/Apriyani untuk Melaju ke Final China Open 2018

Sabtu, 22 September 2018 12:18 WIB
Editor: Isman Fadil
© Humas PBSI
Greysia Polli/Apriyani Rahayu saat tampil di peremparfinal Asian Games 2018. Copyright: © Humas PBSI
Greysia Polli/Apriyani Rahayu saat tampil di peremparfinal Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Indonesia berhasil meloloskan tiga wakilnya ke semifinal China Open 2018. Salah satunya adalah dari nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang akan menghadapi lawan berat di semifinal ini, karena harus menumbangkan unggulan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Greysia/Apri memang berada di unggulan 4 ganda putri dunia, namun lawannya kali ini berada di unggulan kedua dan sudah mengantongi tujuh kemenangan dari delapan pertemuan atas wakil Indonesia tersebut.

Namun rupanya Greysia/Apri sudah menyiapkan strategi yang berbeda dalam menghadapi perlawanan Misaki/Ayaka.

“Kami tahu ganda putri Jepang hampir mirip permainannya. Tapi kami berusaha mencari celah di tiap pasangan. Kami juga berusaha untuk selalu komunikasi dua arah, pokoknya kalau melawan Jepang itu hawanya nggak boleh kalah duluan,” ujar Greysia dalam rilis yang diterima INDOSPORT.com.

“Kalau menghadapi Misaki/Ayaka beda lagi, mereka lebih punya pola, terbukti mereka juara olimpiade. Teknik permainan mereka bagus, bagaimana kami bisa jaga di level yang sama, tapi secara mental harus di atas mereka,” tambah Greysia lagi.

Tak hanya Greysia/Apri, pebulutangkis putri Indonesia lainnya pun menyatakan memang sulit untuk mengalahkan pebulutangkis putri yang menjadi wakil-wakil Jepang. Tak hanya harus mematangkan persiapan teknik dan fisik, namun secara pikiran pun harus siap.

“Siap di pikiran itu maksudnya kami harus selalu cepat tanggap. Misalnya ada beberapa poin hilang, lawan sudah membaca arah permainan kami, harus cepat ganti lagi polanya. Paling susah itu bukan menahan capek fisik, tapi menahan capek fokusnya, jaga pikirannya,” ucap Apriyani.

“Sesi latihan kami durasinya lebih lama dari pertandingan, tapi pertandingan rasanya lebih capek empat kali lipat dari latihan karena harus jaga fokus dan pikiran,” tambah pebulutangkis 20 tahun tersebut.

Laga semifinal Greysia/Apri dan Misaki/Ayaka akan dilangsungkan siang ini, Sabtu (22/09/18), mulai pukul 12.00 waktu Changzhou atau sekitar 19.30 WIB.

Selain Greysia/Apri, Anthony Sinisuka Ginting dan pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga akan berlaga di semifinal China Open 2018 hari ini.

Penulis: Martini

Ikuti Update Terbaru Bulutangkis China Open 2018 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT