Nadal Mundur dari Paris Masters 2018, Berkah untuk Djokovic

Kamis, 1 November 2018 11:06 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Rafael Nadal saat berlaga di Wimbledon 2018. Copyright: © INDOSPORT
Rafael Nadal saat berlaga di Wimbledon 2018.

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal memutuskan mundur dari Paris Masters 2018 lantaran mengalami cedera pada perutnya. Padahal sebelumnya, petenis asal Spanyol tersebut juga sempat dipaksa menepi saat babak semifinal AS Terbuka belum lama ini karena cedera lutut.

Nadal dijadwalkan menghadapi Fernando Verdasco pada hari Rabu (31/10/18) kemarin namun mendapat larangan bermain dari tim dokter. Tidak ingin mengambil risiko, ia memutuskan mundur dan pertandingan pun dibatalkan.

“Belakangan ini saya merasakan sesuatu di perut saya, terutama ketika saya melakukan servis. Dokter menyarankan saya lebih baik tidak bermain. Jika saya memaksa, abdomen saya bisa saja pecah dan keadaan akan memburuk,” ujar Nadal saat memberikan klarifikasinya di hadapan media sperti dilansir dari kanal beritas sport dari laman BBC.

Bagi Nadal, ini adalah kedua kalinya ia mundur dari turnamen di Paris tersebut secara berturut-turut. Ia mengaku hanya ingin fokus memulihkan kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Sempat berkutat dengan cedera lutut bertahun-tahun, Nadal kini menjadi lebih hati-hati dalam bertindak.

© LA Times
Ekspresi kebahagiaan Djokovic usai menjuarai Shanghai Masters, Minggu (14/10/18 Copyright: LA TimesEkspresi kebahagiaan Djokovic usai menjuarai Shanghai Masters, Minggu (14/10/18

“Yang paling penting adalah selalu sehat. Dengan demikian, saya punya kesempatan untuk bermain dari pekan ke pekan, yang mana saya belum bisa lakukan tahun ini,” katanya lagi.

“Tahun ini saja sudah begitu berat bagi saya sehingga saya menghindari hal-hal drastis. Dokter berkata kepada saya jika saya memaksa bermain, abdomen saya pasti pecah. Saya tidak ingin mengatakan bahwa ini hanya cedera ringan, tapi jika saya biarkan nantinya bisa menjadi parah,” terangnya.

Mundurnya Nadal tersebut jelas menjadi peluang dan rezeki bagi Novak Djokovic untuk segera mengklaim peringkat nomor satu dunia lewat ajang Paris Masters 2018, setelah memulai perjuangannya dari peringkat ke-22 awal musim ini.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM