Deretan Pebulutangkis Top Luar Negeri yang Punya Darah Indonesia, Ada Fu Haifeng

Jumat, 7 Juni 2019 19:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Chris Hyde/Getty Images
Fu Haifeng, pemain bulutangkis asal China. Copyright: © Chris Hyde/Getty Images
Fu Haifeng, pemain bulutangkis asal China.

INDOSPORT.COM - Indonesia tak pernah berhenti melahirkan talenta-talenta di dunia bulutangkis. Bahkan Indonesia menjadi salah satu powehouse bulutangkis hingga saat ini.

Atlet-atlet Tanah Air pun tak hanya sukses mengharumkan nama negara sendiri. Bahkan beberapa pemain mengabdi juga untuk negara lain, seperti Mia Audina yang kemudian mewakili Belanda.

Di sisi lain, ada pula pemain-pemain yang masih memiliki darah Indonesia dan sukses menyumbang prestasi untuk negara tinggalnya saat ini.

Fu Haifeng

Siapa sangka, pebulutangkis spesialis ganda ini masih memiliki keturunan Indonesia. Mengutip Sohu Sports, sang kakek migrasi ke Indonesia pada usia 16 tahun untuk berbisnis.

Lalu sang ayah, Fu Mingying, lahir di Indonesia. Namun pada 1961, seluruh keluarganya kembali ke China karena terjadi kerusuhan rasial dan menetap di kampung Nanshan.

Di sinilah Fu Mingying menjadi petani sekaligus memulai karier sebagai pelatih bulutangkis, hingga akhirnya bisa menjadi pelatih timnas China.

Mengantongi berbagai gelar prestisius di dunia bulutangkis membuat Fu Haifeng bisa dibilang salah satu pebulutangkis ganda putra paling hebat. Ia bahkan mengoleksi medali emas Olimpiade 2012 bersama Cai Yun dan emas Olimpiade 2016 bersama Zhang Nan.