Masalah Besar Tunggal Putra Tanah Air Jelang Indonesia Open 2019

Selasa, 18 Juni 2019 09:45 WIB
Penulis: Tempo.co | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Hendry Saputra (kiri) menilai tunggal putra Indonesia masih memiliki masalah menjaga konsistensi. Copyright: © Humas PBSI
Hendry Saputra (kiri) menilai tunggal putra Indonesia masih memiliki masalah menjaga konsistensi.

INDOSPORT.COM - Sejumlah perubahan dilakukan oleh PBSI kepada para pebulutangkis Tanah Air jelang tampil di Indonesia Open 2019.

Pelatih nasional bulu tangkis di sektor tunggal putra, Hendry Saputra mengatakan, ada persoalan konsistensi yang terjadi di sektornya.

Ia menilai dari sisi teknik, kemampuan pebulu-tangkis Anthony Ginting relatif sama dengan para pesaingnya yang berada di rangking 10 besar dunia. Namun dalam hal menjaga kestabilan permainan, pemain asal klub SGS PLN Bandung itu harus dibenahi.

"Standar dan kualitas dia bagus. Tapi ada kelemahannya, mati sendirinya masih banyak," ucap Hendry melansir situs PBSI, Senin (17/06/19).

Sebagai contoh, tahun lalu penampilan Anthony mendapat acungan jempol banyak pihak. Ia main cemerlang di Asian Games 2018 dengan merebut medali perunggu dan membawa pulang trofi Daihatsu Indonesia Masters serta Cina Open. Memasuki 2019, Anthony hingga tengah tahun belum meraih gelar juara.

Dari pengamatan Hendry, anak asuhnya itu masih melakukan kesalahan di poin-poin krusial. Pelatih kerap memberi masukan kepada Anthony agar bermain lebih sabar dan aman begitu memasuki momen penting.

"Kalau sedang poin kritis, smash tipis-tipis. Saat di-challenge hasilnya ternyata out. Itu sering terjadi," tutur Hendry.

Anthony Ginting dan Jonatan Christie masih akan menjadi andalan di Indonesia Open 2019 yang berlangsung pada 16-21 Juli 2019. Kedua punya modal penting usai bermain positif di New Zealand Open dan Australia Open.

Bahkan Jonatan berhasil jadi juara di dua turnamen itu. Meski demikian, Hendry menilai, sudah semestinya kedua anak asuhnya itu merebut juara. Sebab, turnamen New Zealand Open dan Australia Open berlevel super 300.

Sekadar informasi, dalam perhelatan Indonesia Open sendiri, nomor tunggal putra Tanah Air sudah lama absen memberi gelar juara. Adalah Simon Santoso yang menjadi tunggal putra terakhir yang menjuarai Indonesia Open pada 2012 lalu.