Hasil Pertandingan Indonesia Open 2019: Tontowi/Winny Tersingkir di Perempatfinal

Jumat, 19 Juli 2019 15:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Winny Oktavina Kandow dan Tontowi Ahmad. Copyright: © Humas PBSI
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia, Winny Oktavina Kandow dan Tontowi Ahmad.

INDOSPORT.COM – Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow memperpanjang kutukan kekalahan usai kandas di babak perempatfinal Indonesia Open 2019 atas wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Jumat (19/7/19).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Tontowi/Winny kalah dalam pertandingan rubber games yang berakhir dengan skor 11-21, 21-14, 14-21.

Perwakilan ganda campuran terakhir Tanah Air melakoni set pertama dengan beberapa kesalahan, dengan memberikan keunggulan bagi Peng Soon/Goh Liu 2-3.

Meski belum menyuguhkan pertarungan sengit, namun kejar-kejaran poin pun terjadi dari kesalahan kedua pasangan, terutama akurasi yang tak tepat dan kesalapahaman wakil Indonesia membuat lawannya terus unggul 8-5.

Hingga interval pertama ditutup ketertinggalan pasangan tuan rumah 6-11, meski Tontowi berhasil bertahan dengan sangat baik, sementara Winny perlu bermain dengan tenang.

Pasca interval pertama, Tontowi/Winny masih melakukan beberapa kesalahan dengan memberikan pukulan lemah serta bola tanggung yang terus memberikan keuntungan bagi Malaysia yakni 7-16, dan terus terjadi hingga set pertama berakhir dengan selisih poin jauh yakni 11-21 selama 14 menit.

Pada set kedua, Tontowi/Winny mulai memperbaiki kesalahan dan unggul 3-0. Mantan pasangan Liliyana Natsir tersebut kembali berhasil membalas smash dari Goh Liu dengan sangat baik, membuat Malaysia berganti melakukan kesalahan menjadi 8-4.

Interval kedua ditutup dengan 11-8 setelah Peng Soon/Goh Liu mencoba mengejar ketertinggalan. Kemudian game kedua dilanjutkan dengan perlawanan Malaysia dengan terus memberikan bola tanggung namun gagal, membuat Tontowi/Winny menutup set kedua dengan 21-14.

Di game ketiga, Winny yang mulai bermain lincah berhasil melakukan defense, membuat Owi bebas melakukan smash serangan menjadi 6-5. Interval ketiga ditutup dengan keunggulan Malaysia 11-9. Pasca interval, tensi laga semakin tinggi dengan perlawanan kedua pasangan.

Bola tanggung yang terus diberi oleh Peng Soon/Goh Liu membuat Tontowi/Winny kembali tertinggal 13-16. Winny kembali kehilangan ritme permain, kerap melakukan kesalahan dengan memberikan smash gagal yang menyentuh net, set ketiga pun berakhir dengan kekalahan 21-14 selama 59 menit.

Hasil akhir ini membuat langkah Indonesia disektor ganda campuran Indonesia Open 2019 harus terhenti. Serta memperpanjang kutukan Tontowi/Winny yang selalu tersingkir di babak perempatfinal.