Rekap Final Thailand Open 2019: India Cetak Sejarah, Indonesia Hampa Gelar

Minggu, 4 Agustus 2019 20:03 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, mencetak sejarah dengan menjuarai nomor ganda putra Thailand Open 2019. Shi Tang/Getty Images Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, mencetak sejarah dengan menjuarai nomor ganda putra Thailand Open 2019. Shi Tang/Getty Images

INDOSPORT.COM – Kejuaraan bulutangkis Thailand Open 2019 resmi berakhir Minggu (04/08/19) hari ini. Turnamen yang masuk kalender BWF World Tour Super 500 itu menyajikan sejumlah kejutan di daftar podium juara masing-masing kategori.

Digelar di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand Open 2019 menampilkan lima pertandingan final dari lima nomor berbeda. Pertandingan final dibuka oleh nomor ganda putri di mana pasangan Jepang, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto berhasil mengalahkan wakil China, Du Yue/Lin Yin Hui.

Shino Tanaka/Koharu Yonemoto yang menempati unggulan ketujuh dalam ajang Thailand Open 2019 berhasil menaklukkan lawannya, Du Yu/Lin Yin Hui, melalui rubber game 21-19, 14-21, dan 21-13.

Hasil gemilang yang diraih pasangan Jepang itu berbanding terbalik dengan prestasi mengecewakan wakil Indonesia. Langkah ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Apriani Rahayu, harus terhenti di babak perempatfinal.

Kejutan lain hadir di nomor ganda putra di mana pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, secara luar biasa mampu keluar sebagai juara. Tak tanggung-tangguh, yang mereka kalahkan di partai final adalah pasangan juara dunia 2014 dan 2018 dari China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Gelar juara Thailand Open 2019 membuat pasangan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty mencatatkan namanya sebagai wakil India pertama yang berhasil meraih gelar juara di turnamen berlabel Super Series/Super 500.

Sementara itu, duel penuh drama tersaji di nomor tunggal putra. Unggulan ketiga Thailand Open 2019, Chou Tien Chen, harus berjuang ekstra keras sebelum akhirnya menaklukkan tunggal putra kejutan asal Hongkong, Ng Ka Long Angus.

Atlet bulutangkis asal ChineseTaipei itu dipaksa bertarung hingga detik-detik terakhir sebelum mengalahkan Ng Ka Long Angus lewat rubber game, 21-14, 11-21, dan 23-21.

Di nomor ganda campuran, pasangan Wang Yilyu/Huang Dongping menjaga nama besar China di ajang Thailand Open 2019 setelah sukses mengalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dalam dua game langsung, 24-22 dan 23-21.

Partai final Thailand Open 2019 ditutup oleh penampilan tunggal putri pujaan tuan rumah, Ratchanok Intanon, yang meladeni wakil China dan juga unggulan pertama, Chen Yufei, di partai puncak nomor tunggal putri.

Sayangnya, dukungan penuh publik tuan rumah belum mampu mengantar Ratchanok meraih gelar juara nomor tunggal putri. Lewat pertarungan ketat dalam dua game, Ratchanok Intanon harus mengakui keunggulan Chen Yufei, 20-22 dan 18-21.

Keberhasilan tunggal putri Chen Yufei meraih gelar juara tunggal putri membuat China menjadi negara dengan jumlah gelar terbanyak di Thailand Open 2019, yakni dua medali juara.

Di bawah China, ada India, Jepang, dan Chinese Taipei yang sama-sama mengirim satu wakilnya ke podium juara. Sedangkan Indonesia mencatatkan prestasi buruk karena gagal mengirim satu pun wakilnya di ajang Thailand Open 2019.