Antara Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei, Ini Kata Hendrawan

Rabu, 4 September 2019 19:56 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain legenda bulutangkis Indonesia yang saat ini menjabat sebagai pelatih tunggal putra Malaysia, Hendrawan menyebutkan bahwa dirinya sama sekali tidak ingin membandingkan Taufik Hidayat dengan Lee Chong Wei.

Seperti diketahui baik Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei merupakan tunggal putra yang hidup di era sama dengan prestasi yang juga tak jauh berbeda. Hanya ada satu prestasi pembeda di antara mereka yaitu medali emas Olimpiade.

Taufik Hidayat berhasil meraih medali emas di Olimpiade Athena 2004, sedangkan Chong Wei hanya berhasil meraih medali perak di Olimpiade Sydney 2000 yang sekaligus memupuskan harapannya untuk meraih medali emas di sepanjang kariernya.

Kendati demikian, Hendrawan tetap pernah mau membandingkan keduanya, karena mereka memiliki karakternya masing-masing yang tidak perlu dibanding-bandingkan.

"Bicara Chong Wei, pasti bicara Taufik Hidayat. Dua-duanya pemain legenda. Indonesia juga beberapa tahun kemudian akan susah mencari pengganti Taufik, demikian pula dengan Malaysia yang akan susah menemukan pengganti Chong Wei," ujar Hendrawan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Apalagi menurut legenda tunggal putra Indonesia tersebut baik Taufik dan Chong Wei memiliki standar yang tinggi, jadi pebulutangkis junior manapun yang dibandingkan dengan mereka akan selalu sulit.

"Sampai hari ini kalau kita liat Ginting atau Jonatan, prestasi mereka bagus, buat saya bagus, jika dibandingkan dengan prestasi junior Malaysia,"

"Tetapi kalau dibandingkan dengan Taufik, ya tentunya susah, demikian pula seperti Malaysia yang berharap ada Chong Wei lainnya tentu bukan pekerjaan mudah, tetapi masih tetap ada usaha untuk ke arah sana," pungkasnya.

Sampai saat ini, Indonesia setidaknya sudah jauh lebih baik daripada Malaysia. Sampai saat ini, dua pebulutangkis Indonesia, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting setidaknya sudah berhasil menapaki ranking 10 besar.